get app
inews
Aa Read Next : Jadi Kebanggaan Cianjur Perkesit Satu Badak Putih Diarak Keliling Cianjur

Olahraga Hockey Mulai Diminati Warga Cianjur, Ini Harapan FHI

Rabu, 22 Juni 2022 | 21:09 WIB
header img
Pemain hockey Cianjur

CIANJUR, iNews.id- Indonesia memiliki berbagai jenis olahraga, salah diantaranya yaitu olahraga hoki. 

Zodi Zulkarnaen Warga Kampung Cibeber RT 3/2 Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur mengatakan, hockey atau hoki merupakan sebuah olahraga serupa dengan sepak bola, yang dimainkan oleh dua regu menggunakan stik berbentuk tongkat bengkok yang dilakukan di lapangan hijau.

"Permainan Hoki menuntut beberapa aspek diantaranya kekuatan fisik, teknik permainan," katanya.

 Ia mengungkapkan, taktik dalam bermain, dan juga mental dari pemain Hoki itu sendiri. Hoki terbagi menjadi beberapa jenis diantaranya field hockey, hockey indoor dan ice hockey. Nah, di Indonesia sendiri, hoki lapangan lebih banyak dimainkan.

"Karena kurangnya fasilitas untuk bermain hoki es," ujar Zodi.

Sejarah permainan hoki sebenarnya masih belum dapat dipastikan asal usulnya. Namun menurut beberapa sumber sejarah, permainan hoki berasal dari Mesir kuno dan Persia kuno. Hal ini disimpulkan berdasarkan penemuan pada relief yang berasal dari makam dinding lembah Raja Bani Hasan di Mesir Kuno yang menggambarkan suatu permainan bernama hoksa, yaitu permainan bola menggunakan tongkat bengkok (stik). 

"Permainan ini lalu menyebar ke wilayah Arab dan Afrika Utara," ujar Zodi, bahkan dirinya mulai melatih hockey dari tahun 2010.

Federasi Hockey Indonesia (FHI) Kabupaten Cianjur adalah salah satu induk organisasi olahraga hockey di Cianjur, yang jelas keberadaannya. Namun belum begitu bermasyrakat, karena belum adanya sarana prasarana.

"Nah! Untuk olahraga ini khususnya lapang hockey," ucap Zodi.

Namun, ia memaparkan, untuk cabang olahraga ini juga patut diperhitungkan dengan 4 orang atlet memperkuat di PON Papua di 2 nomor (indoor putri dan outdoor putri) Raisa Martika Tamara dan Siti Anisa mendapatkan emas. Dan, selanjutnya Leni Nursita dan juga dian Wildiani yangg mendapatkan medali perunggu.

Zodi menambahkan, pemasyarakatan hockey juga saya di tahun 2022 sedang melaksanakan dimana ada 6 tim putra dan tim putri dari berbagai club mengikuti liga ini serta lebih dari 100 atlet ikut liga ini," terang Zodi.

"berharap pemerintah daerah bisa memperhatikan sarana prasarana olahraga, khususnya hockey yang telah membawa harum Cianjur dan nasional," pintanya.

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut