Bikin Heboh, Kijang Muncak Masuk Permukiman Warga di Mande

Dani Jatnika
Kijang Muncak yang telah terikat setelah memasuki permukinam warga di Desa Mandesari, Kecamatan Mande pada Selasa, 2 Juli 2024.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Warga Kampung Mandesari, Desa Pasirhalang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, dihebohkan adanya seekor Kijang Muncak masuk ke permukiman warga pada Selasa, 2 Juli 2024.

Karena sebelumnya tidak pernah ada rusa yang masuk sampai ke permukiman dan kejadian tersebut merupakan baru pertama kali. Penangkapan hewan langka tersebut langsung menarik perhatian warga setempat.

Hewan langka Kijang Muncak diperkirakan berbobot 20 kilogram itu berhasil di tangkap oleh warga setelah berkeliaran di permukiman warga. 

Bahkan ada sejumlah warga  yang meminta hewan tersebut segera disembelih, tetapi ada pula warga yang ingin merawatnya karena tahu Kijang Muncak adalah hewan dilindungi.

Kapolsek Mande, AKP Dadeng mengatakan, pihaknya belum mengetahui awal kemunculan Kijang Muncak yang merupakan jenis rusa tertua itu.

"Iya hewan langka tersebut ditangkap dan diamankan oleh warga setempat, setelah berkeliaran dipemukiman warga," katanya saat dikonfirmasi.

Setelah berhasil ditangkap, rusa itu langsung dievakuasi ke tempat penangkaran rusa di komplek pendidikan Vedca, Desa Bobojong, Kecamatan Karangtengah.

"Saat tiba di lokasi, kondisinya memang sudah ditangkap dan terikat tali tambang. Hewan tersebut diperkirakan masih anaknya," jelasnya.

Pihaknya belum bisa memastikan kijang tersebut dari mana asalnya, apakah hewan peliharaan atau dari hutan di wilayah tersebut.

"Tidak mungkin kabur dari penangkaran rusa yang berada di Desa Bobojong, karena jaraknya jauh," ujar Dadeng.

"Saat dievakuasi Kijang tersebut masih sehat dan kita titikan di penangkaran Rusa sambil menungu pihak BBKSDA untuk menentukan selanjutnya," pungkas Dadeng.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network