Bantuan Stimulan Tahap IV Korban Gempa Cianjur Cair, Benarkah?

Dani Jatnika
Bupati Cianjur Herman Suherman, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kabar gembira bagi para penyintas gempa bumi Cianjur! Bantuan stimulan tahap IV akan segera cair mulai hari ini. 

Hal ini diumumkan langsung oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman, didampingi oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Cianjur, Cepi Rahmat, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Kusmana Wijaya, di Pendopo pada hari Rabu (29/5/2024).

"Alhamdulillah, bantuan stimulan tahap IV segera cair karena dananya sudah tersedia di BNPB dari Pemerintah sebesar Rp818,550 miliar. Tim teknis sudah bergerak ke lapangan mulai hari ini untuk memverifikasi rumah yang sudah mulai diperbaiki dengan kerusakan ringan, sedang, dan berat agar bantuannya bisa segera dicairkan melalui Bank Mandiri," ujar Herman kepada awak media.

Untuk rumah dengan tingkat kerusakan berat pada tahap IV ini, sesuai ketentuan baru, harus dibangunkan oleh pihak ketiga yang sudah ditunjuk oleh BNPB agar sesuai dengan ketentuan konstruksi yang dipersyaratkan oleh pemerintah pusat.

Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp818,550 miliar untuk membantu 36.285 warga penyintas yang mengalami kerusakan rumah ringan, sedang, dan berat. Total stimulan yang dikucurkan pemerintah untuk warga penyintas dari tahap 1, 2, 3, dan 4 mencapai Rp2,4 triliun.

"Mari kita terus bersyukur kepada Allah SWT. Akhirnya pencairan tahap IV yang ditunggu-tunggu ini segera terealisasi mulai hari ini. Sampaikan kabar gembira ini kepada seluruh warga Cianjur dan mari kita selalu memohon pertolongan kepada Allah dengan selalu bersyukur dan bersabar," pungkas Herman.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network