Antisipasi Nyamuk DBD Puskesmas Cidaun Ingatkan 3M

Gusti Wilantara
Puskesmas DPT Cidaun Cianjur selatan, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Puskesmas DPT Cidaun Cianjur, mengimbau masyarakat untuk waspada kasus Demam berdarah dengue (DBD) dengan perketat 3M+ (Menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas). 

Kepala Puskesmas DPT Cidaun Cianjur Eman Sulaeman mengatakan, pihaknya  menggencarkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menggiatkan 3M+(Menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas). 

"Hal tersebut sangat efektif membunuh nyamuk DBD dan jentiknya. Kasus DBD tiap tahun selalu ada. Untuk itu kita terus melakukan penekanan dengan cara 3 M tadi, "kata dia, Kamis (2/5/2024).

Untuk memberantas DBD lanjut dia, bukan hanya dari puskesmas setempat, namun dibutuhkan peran masyarakat untuk peduli lingkungan untuk memberantas DBD.

Pihaknya lanjut dia, telah melakukan penanganan dengan cara mencari dan musnahkan jentik sehingga nyamuk DBD tidak berkembang biak. Nyamuk DBD habitatnya berada ditempat air yang bersih dan bukan berada ditempat air yang kotor.

"Di Ciduan ada 3 sampai 4 kasus yang terkena DBD. Dari kasus tersebut kita lakukan  rujukan ke rumah sakit Pagelaran. Allhamdulilah semuanya telah sehat. Kepada masyarakat agar selalu waspada dan selalu menjaga kebersihan lingkungan," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network