Hallo Warga Cianjur, Kini Berangkat Hajian Antre Sampai 20 Tahun Ini Penjelasannya

Dani Jatnika
Kepala Seksi Haji Kemenag Cianjur, H Rian Fauzi, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Dafar antrian calon jemaah haji Kabupaten Cianjur kini semakin panjang.

Tercatat calon jemaah haji yang sudah mendaftar hingga tahun 2023 sudah mencapai 23 ribu orang. Sehingga antrian pemberangkatan calon jemaah haji sampai 20 tahun ke depan. 

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Haji Kemenag Kabupaten Cianjur Rian Fauzi, padahal menurutnya pada tahun 2019 antrean calon jemaah haji hanya 14 tahun. Namun karena selama pandemi Covid-19 kuota pemberangkatan haji tidak ada sehingga antrean bertambah panjang.

"Daftar antrian calon jemaah haji menjadi panjang salah satu penyebabnya adalah selama pandemi Covid-19 itu tidak ada pemberangkatan jamaah haji termasuk dari Cianjur. Sementara pendaftar terus bertambah sehingga antrean haji di Cianjur menjadi lebih panjang," ungkapnya.

Menurut Rian, masyarakat Cianjur yang mendaftar tahun 2023 kemungkinan berangkat ke Tanah Suci itu 20 tahun ke depan atau tahun 2043.  Sedangkan jumlah calon jamaah haji saat ini mencapai 23 ribu orang. Sementara jumlah kuota pemberangkatan calon jemaah haji Kabupaten Cianjur hanya sekitar 1.300 orang 

"Kalau kuota pemberangkatan jemaah haji 1.300 orang dalam satu tahun. Sehingga kalo mendaftar tahun 2023 lama antrean 20 tahun bahkan bisa bertambah lagi jadi 21 tahun dan seterusnya," katanya.

Sementara khusus calon haji yang paling tua usianya, akan mendapatkan prioritas didahulukan. Nanti diambil dari yang paling tua ke paling muda, sehingga ada kuota khusus untuk lansia.

"Pemberangkatan calon jemaah haji diutamakan usia lanjut setiap tahunnya, sehingga untuk pendaftar usia produktif disesuaikan tahun pendaftaran," pungkas Rian.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network