Wow! Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Kembali Mekar

Yudi Dharmawan
Bunga bankai mekar di Kebun Raya Cibodas, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Bunga bangkai atau bahasa latinnya Amorphophallus titanum Becc, di Kebun Raya Cibodas kini kembali mekar untuk yang ke dua kali dalam satu tahun, Sabtu (8/7/2023).

Mekarnya bunga bangkai tersebut, tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas.

Isti (34) wisatawan dari Jakarta mengatakan, momen liburan kali ini di Kebun Raya Cibodas disuguhi dengan pemandangan langka yakni mekarnya bunga bangkai.

"Baru kali ini saya melihat bung bangkai yang begitu besar dan mekar dengan sempurna," kata Isti, Sabtu (8/7/2023).

Sementara itu Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Destri, mengatakan Bunga yang mekar kali ini disemai tahun 2000 dan ditanam pada 2004. 

"Kali ini mekar bunga tersebut pertumbuhannya tidak maksimal. Selain itu ada penurunan kualitas media sehingga bunga yang mekar kali ini tidak setinggi dengan yang mekar sebelumnya (2015 dan 2019) yaitu mencapai hampir 3 meter," ujar kata Destri.

Perlu diketahui, bahwa saat ini jumlah koleksi tanaman bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas sebanyak 11 nomor specimen. Amorphophallus titanum juga memiliki keunikan tersendiri yaitu selain memiliki aroma yang khas seperti bau bangkai juga mempunyai perbungaan yang sangat besar dan bisa disebut sebagai the giant inflorescent in the world.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network