TPT Setinggi 8 Meter di TPA Pasir Sembung Ambruk Menimpa Tiga Unit Bangunan

Dani Jatnika
Tembok penyanggah tanah ambrol, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Tembok Penahan Tanah (TPT) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirsembung setinggi 8 meter ambruk menimpa tiga unit bangunan di kampung Kandang Sapi, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku.

Akibat kejadian tersebut tiga unit bangunan rusak tertimpa runtuhan TPT berupa batu dan semen. Tiga bangunan tersebut terdiri dari 1 unit rumah warga, 1 unit mushola dan 1 unit tempat mandi cuci dan kakus (MCK) yang terjadi sehabis sholat Isya, Kamis (18/5/2023) kemarin.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka, karena pemilik rumah sedang pergi dan rumah dalam keadaan kosong, sementara jemaah mushola sudah pada pulang dan MCK dalam keadaan kosong.

"Beruntung jemaah di mushola sudah bubar dan pemilik rumah sedang pergi. Padahal ditempat tersebut sebelumnya ramai," ujar Ketua RT 01 Kampung Kandang Sapi, Sirnagalih Kecamatan Cilaku saat ditemui dilokasi kejadian Jum'at (19/5/2023).

Menurut Abdurohman, ditempat tersebut sedang dibangun TPT disekeliling TPA Pasir Sembung yang berbatasan dengan rumah warga kampung Kandang Sapi. Pembangunan tersebut dikerjakan Kementerian PUPR.

"Tembok TPT tersebut dibanguan di dekat sungai, dan kondisi tanahnya labil. Warga sudah mengingatkan agar tidak terlalu tinggi membangun TPT tersebut atau pondasinya agar diperkuat, namun tidak ada respon dan akhirnya kejadian runtuh," kata Abdurohman.

Namun setelah kejadian pihak perusahan mau bertanggung jawab untuk mengganti segala kerusakan. Karena barang-barang pemilik rumah banyak yang rusak tertimpa batu selain itu dinding dan atap juga jebol. Sedang kerusakan mushola dan MCK langsung diperbaiki.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network