get app
inews
Aa Read Next : Sekjen PeranNU: NU Dukung Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel

Lebah Hutan Cianjur Hasilkan Madu Asli, Segini Harganya

Senin, 06 Juni 2022 | 19:28 WIB
header img
Salah seorang konsumen madu asli Cianjur Foto: Istimewa

CIANJUR, iNews.id - Bumi Indonesia memang sangat subur dan kaya. Apapun ada dan tumbuh di tanah air ini.

 

Kandungan mineral, minyak bumi, batubara bahkan emas begitu melimpah. Bahkan tumbuhan langka, bunga, hewan dan pohon kayu juga banyak tumbuh di daerah katulistiwa ini.

 

Dari jenis makanan pun, baik yang diolah maupun bersifat alami, bisa terdapat di alam. Termasuk di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, tepatnya di Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah. 

 

Di situ terdapat satu jenis minuman yang sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan, yang sudah dikemas dalam botol dan dipasarkan bebas secara luas.

 

Adalah Madu asli Cianjur, yang di hasilkan dari lebah hutan Kota Tatar Santri sebagai ciri khas dengan keasliannya tidak diragukan lagi bagi konsumen yang pernah merasakannya.

 

Salah seorang konsumen madu asli Cianjur sekaligus Anggota DPR RI, Bambang Soesatyo mengatakan, madu asli dari Cianjur ini berkhasiat menjaga imunitas tubuh, dari kelompok petani di Cianjur.

 

"Madu Cianjur asli ini berkhasiat dan menjaga imunitas supaya tidak kena Covid-19. Ini asli dari kelompok petani Cianjur. Coba deh," kata Bambang, melalui unggahan video testimoninya.

 

Ada banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan. Sebagai pemanis alami, ternyata madu sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk pengobatan, sejak ribuan tahun. 

 

Madu adalah cairan gula yang dihasilan dari lebah yang berbentuk kental yang kaya nutrisi. Rasa manis dari madu berasal dari fruktosa dan glukosa. Keduanya merupakan pemanis alami yang mudah ditemui dalam makanan dan minuman.

 

Madu kaya akan nutrisi, dalam satu sendok makan madu atau 21 gram madu mengandung 64 kalori, 17 gula yang termasuk di dalamnya adalah glukosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa.

 

Madu sebagai Antioksidan. Madu berkualitas tinggi bisa mengandung banyak antioksidan penting. Ini termasuk asam organik dan senyawa fenolik seperti flavonoid. Antioksidan berguna untuk penurunan risiko serangan jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

 

Madu adalah pengganti gula bagi penderita diabetes. Meski sama-sama manis, madu berbeda dengan gula pasir atau pemanis lainnya. Dalam kadar tertentu, konsumsi madu tidak berefek pada kadar gula darah.

 

Madu juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol. Manfaat minum madu dapat membantu tubuh mengendalikan kolesterol.

 

"Madu ini asli, dari Lebah hutan. Madu asli Cianjur harganya 200 ribu perbotol. Silahkan hubungi saya kalau mau beli, di nomor WhatsApp 081318676413," kata Tedi Rustandidiw (26), Pedagang Madu asli Cianjur (6/6/2022).

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut