get app
inews
Aa Read Next : Maksimalkan DD, Pemdes Cibadak Cibeber Bangun JUT Topang Ekonomi Pertanian

Cor Jalan Beton, Pemdes Mekarsari Naringgul Habiskan Ratusan Juta

Minggu, 05 Juni 2022 | 21:53 WIB
header img
Warga Desa Mekarsari, Naringgul, Cianjur rame-rame kerja bakti cor jalan beton bersumber dari DD. (Foto: Jajang Sugiarto/iNewsCianjur)

CIANJUR, iNews.id- Dana Desa (DD) tahun 2022 tahap satu diterima Pemdes Mekarsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, direalisasikan cor beton Jalan Ciawitali, RT 1/1, panjang 157 meter dan lebar 2,5 meter, Minggu (5/6/2022).

Kades Mekarsari Saleh Hermawan mengatakan, sebesar Rp. 110.012.00 juta untuk pembangunan infrastruktur, pengecoran jalan desa. 

"Jalan dibangun sudah hampir 1.200 meter sudah dilaksanakan pengecoran," katanya.

Ia menyampaikan, kini pengerjaan sudah selesai 100 persen. Jadi mohon maaf untuk sementara akses jalan tidak bisa dilewati karena masih menunggu pengering cor.

"Kalau luas total keseluruhan luas Jalan desa Mekarsari mencapai panjang hampir 40 kilometer," ujar Kades Mekarsari.

Sehingga, masih ujarnya, kalau hanya mengandalkan Dana Desa (DD) tidak akan sanggup rasanya berat. Apalagi sekarang dengan adanya wabah pandemi Covid-19, anggaran DD sekian persen harus menangani penaganan Covid-19, seperti bantuan BLT untuk warga.

"Sehingga kami berharap mudah mudahan ada bantuan anggaran lain dari pemerintah Kabupaten, provinsi dan pusat ada," harap Saleh.

Sambungnya, terutama untuk pembangunan infrastruktur jalan di wilayah desa. Pasalnya luas wilayah paling luas dan masuk kategori desa berkembang. Sebagian besar warga masyarakat beraktifitas bertani luas wilayah mencapai 3.022 hektar.

"Jumlah penduduk 4.374 jiwa yang terbagi 4 kedusunan," jelas kades di Kecamatan Naringgul.

Ia menambahkan, mohon dukungan dari semua warga. Dan, insya Allah ke depan pemerintah desa (Pemdes) Mekarsari akan terus membangun terutama di infrastruktur jalan. Karena kalau jalan sudah bagus akan memudahkan akses.

"Warga pun bisa menjual hasil bumi tak ada kendala. Sehingga roda ekonomi akan terus meningkat," tutup Saleh.

Terpisah, Kiman Nurjani (44) seorang warga setempat mengapresiasi, kinerja Pemerintah Desa (Pemdes) di era ke pemimpin yang saat ini.

"Kami warga mengapresiasi sekali," ucapnya.

Ia mendukung untuk program pemerintah yang terus menerus membangun jalan, seperti contoh saat ini jalan digempur. Kini dicor beton. Dan, tentu kalau infrastruktur jalan bagus akan memudahkan akses.

"Warga pun akan merasakan secara berkelanjutan," tandas Kiman.

 

Editor : Nursidik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut