Sistem Rujukan Pasien Dinilai Lamban, Owner Yulias Care Angkat Bicara
CIANJUR, iNewsCianjur.id – Owner Yulias Care, Yuli Hendrika Sugiharti, angkat suara terkait keluhan masyarakat soal lambannya sistem rujukan pasien dari klinik ke rumah sakit di Kabupaten Cianjur.
Ia menegaskan, keterlambatan bukan semata-mata disebabkan oleh klinik, melainkan juga menunggu respon dari pihak rumah sakit yang dituju.
“Saya mencoba memberikan pemahaman, bahwa sistem rujukan itu bukan dipersulit oleh klinik. Namun, memang ada proses yang cukup lambat ketika kami menunggu jawaban dari call center pihak RS. Akhirnya seolah-olah klinik yang menghambat,” ujar Yuli saat ditemui, Senin (15/9/2025).
Menurut Yuli, kondisi itu sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Misalnya ketika perawat tampak sibuk dengan ponsel saat menunggu jawaban dari call center rumah sakit.
“Padahal sebenarnya bukan santai atau membiarkan pasien, tapi memang menunggu respon call center dari RS,” jelasnya.
Ia menambahkan, rujukan pasien dengan kondisi tertentu terutama patologis atau mengalami kelainan memang harus ditangani di rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih lengkap. Proses tersebut membutuhkan koordinasi yang tidak sederhana.
“Perlu diketahui bahwa sistem rujuk itu memang tidak mudah. RS harus memastikan kesiapan, baik fasilitas maupun tenaga medis. Jadi wajar jika butuh waktu,” imbuhnya.
Yuli berharap masyarakat bisa memahami prosedur tersebut sehingga tidak mudah menyalahkan klinik saat terjadi keterlambatan. Ia juga mendorong agar sistem komunikasi antara fasilitas kesehatan tingkat pertama dan rumah sakit bisa lebih cepat dan efisien demi keselamatan pasien.
Editor : Ayi Sopiandi