get app
inews
Aa Read Next : Mau Berat Badan Turun, Ini Cara Jitu Ala CEO Matriac Laura Arndt

Penyakit Jantung Jadi Paling Mematikan di Dunia, Herman Ajak Warga Cianjur Hidup Sehat

Minggu, 22 September 2024 | 18:35 WIB
header img
Bupati Cianjur, Herman Suherman melakukan senam jantung sehat dalam kegiatan Hari Jantung Sedunia di Lapangan Prawatasari Joglo Cianjur.

CIANJUR, iNewsCianjur.id -  Penyakit jantung hingga saat ini masih menempati urutan pertama penyebab kematian tertinggi di Indonesia bahkan di dunia.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung koroner dan stroke menyumbang 16 persen dari penyebab kematian. 

Untuk itu Pemkab Cianjur, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus berupaya menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar terhindar dan mencegah penyakit jantung.

Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal mengatakan, Hari Jantung Sedunia merupakan momentum tepat menyosialisasikan pengetahuan seputar penyakit jantung kepada masyarakat. Terutama pemahaman cara pertolongan pertama.

“Sampai saat ini serangan jantung atau penyakit jantung koroner masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit itu berbahaya sekali, tapi bisa dicegah dan bisa dikenali dari awal,” ujar Yusman usai memperingati Hari Jantung Sedunia yang dilaksanakan di Lapang Prawatasari, Minggu, 22 September 2024.

Yusman menambahkan, untuk mencegah agar tidak terjadi penyakit jantung, masyarakat diminta terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Yaitu, cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin beraktivitas fisik atau olah raga, diet sehat dan seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

“Hindari kebiasaan-kebiasan buruk yang bisa memicu terjadinya serangan jantung,” tegas Yusman.

Sementara itu Bupati Cianjur Herman Suherman sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terkait kesehatan kardiovaskular yaitu penyakit jantung dan pencegahannya. 

"Saya apresiasi kegiatan ini.  Saya ajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah dapat dimulai dari modifikasi gaya hidup, seperti menjaga pola makan sehat hingga berolahraga," pungkas Herman.

Editor : Rikzan Rezkyesa Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut