get app
inews
Aa Read Next : Isak Tangis Keluarga Jemaah Haji Saat Kepulangan Kloter Pertama asal Cianjur

Kepulangan Jemaah Haji Asal Cianjur Diwarnai Aksi Pencopetan

Rabu, 26 Juni 2024 | 08:36 WIB
header img
Ela Nurlaela (41) warga Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi yang alami kecopetan di Asrama Haji Kabupaten Cianjur.

CIANJUR, iNewsCianjur.id -  Rombongan jemaah haji  asal Kabupaten Cianjur yang tergabung dalam Kloter JKS 07 telah kembali dengan selamat tiba dihalaman Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur pada Selasa, 25 Juni 2024.

Namun kepulangan ratusan jemaah haji tersebut dinodai dengan adanya aksi pencopetan yang menimpa jemaah haji. Pencopet tersebut menyelinap diantara sanak famili yang melakukan penjemputan. Akibatnya salah seorang jemaah haji harus kehilangan dompetnya yang berisi sejumlah uang serta surat-surat penting. Selain jemaah haji, seorang warga yang hendak menjemput juga mengaku kehilangan telepon genggam.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut berawal saat enam bus  yang ditumpangi rombongan jemaah haji tiba dan parkir di halaman kantor Kemenag Cianjur di Jalan Raya Bandung, Desa Bojong, Kecamatan Cianjur pada Selasa, 25 Juni 2024.

Saat rommbongan turun dari bus dan langsung disambut keluarga  pencopet langsung beraksi memanfaatkan situasi berdesak-desakan tersebut.

"Saat turun dari bus kondisinya ramai  dan berdesak-desakan, antara jemaah dan keluarganya yang menjemput. Saya berjalan  mengikuti suami sambil membawa tas selempang. Alangkah kagetnya tiba-tiba tas sudah ada dibelakang dan sudah terbuka," tutur Ela Nurlaela (41) jemaah haji asal Desa Cipenyeum, Kecamatan Haurwangi kepada awak media.

Ketika diperiksa dompet sudah tidak ada. Padahal dompet tersebut berisikan sejumlah uang dan surat-surat penting lainya.

"Tangan pencopet sempat terlihat sedang memasukan tanganya, tapi tidak ketahuan bawa dompet. Ciri-ciri pencopetnya perempuan pake rok dan berkerudung berwarna ungu," ungkapnya.

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi mengatakan pihaknya belum mendapat laporan mengenai seorang jemaah haji yang kecopetan.

"Kami seluruh panitia jemaah haji di daerah, sudah berupaya semaksimal dan berkoordinasi dengan berbagai pihak berwajib untuk kelancaran, ketertiban dan keamanan kepulangan jemaah haji. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejdian yang menimpa jemaah haji tersebut. Kami juga menghimbau para jemaah agar selalu berhati-hati dan waspada menjaga barang bawaannya," pungkasnya.

Editor : Azhari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut