get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Libur Lebaran, DLH Cianjur Siagakan Petugas Antisipasi Penumpukan Sampah

Sabtu, 06 April 2024 | 16:10 WIB
header img
Tumpukan sampah liar di seputaran Cianjur kota, Foto iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id – Untuk menghindari penumpukan sampah saat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur akan tetap mensiagakan para petugas kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur Komarudin mengatakan, pegawai DLH hingga petugas kebersihan akan disiagakan saat hari lebaran. Jadi petugas kebersihan di Kabupaten Cianjur tidak diperbolehkan libur bekerja saat hari raya Idul Fitri.

“Saya pastikan di hari lebaran kita tingkatkan untuk pengangkutan sampah. Pegawai DLH hingga petugas kebersihannya kita aktifkan. Ini untuk menghindari penumpukan sampah karena pada hari volume sampah akan meningkat,” ujar Komarudin kepada awak media belum lama ini.

Menurut Komarudin, saat ini DLH masih kewalahan dalam menangani sampah karena tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) Pasir Sembung di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku sudah ditutup sejak gempa melanda Kabupaten Cianjur dan kini dijadikan ruang terbuka hijau (RTH). 

"Sekarang kan untuk pembuangan sampah di alihkan ke (TPST) Mekargalih di Kecamatan Cikalongkulon yang jaraknya cukup jauh. Selain itu armada yang kami miliki banyak yang rusak tidak bisa mengangkut sampah sampai ke TPST Mekargalih sehingga banyak sampah yang telat tidak terangkut mengakibatkan penumpukan," jelas Komarudin.

Namun menurut Komarudin saat ini DLH sudah mendapat tambahan armada baru berupa 10 unit truk pengangkut sampah. Sedangkan pegawai lapangan yang menangani sampah sebanyak 165 orang dan petugas penyapu jalan sebanyak 89 orang.

"Semua pegawai akan kami aktifkan selama hari raya Idul Fitri, tidak boleh libur.Hal itu demi mengantisipasi penumpukan sampah di beberapa titik-titik pembuangan sampah yang nantinya akan diangkut ke TPS Mekarsari," ungkap Komar.

Selain itu, pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah kecamatan untuk mensosialisasikan ketaatan dalam membuang sampah kepada masyarakat.

“Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan  agar mensosialisasikan ke masyarakat jangan membuang sampah ke jalan dan trotoar,” pungkas Komarudin.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut