get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Kordik Cipanas Akui Banyak Kekurangan Guru PNS

Kamis, 21 Maret 2024 | 13:49 WIB
header img
Koordinator Wilsatdik cabang Kecamatan Cipanas, HM Faroz, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id -Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Koordinatorat Wilayah Satuan Pendidikan (Korwilsatdik) Cabang Kecamatan Cipanas yang menaungi 41 SD Negeri dan swasta dikabarkan krisis kekurangan guru PNS.

Koordinator Wilsatdik Cabang Kecamatan Cipanas HM Faroz kepada wartawan membenarkan hal tersebut. Menurutnya, kekurangan tenaga pendidik dan kependidikan sekarang PPPK Pendidik dan Tenaga Kependidikan karena ada guru yang di angkat promosi sebagai  kepala sekolah (Kepsek), lalu  kepsek diangkat sebagai Pengawas selain itu banyaknya guru masa pensiun.

"Pengawas PLS per 1 Maret 2024 sudah pensiun. Jadi, disini sudah tidak ada PLS, juga Pengawas Pendidikan Agama. Kalau di lihat dari segi pendidik dan tenaga kependidikan amat sangatlah kekurangan sekitar 150 guru PNS," ujar HM.Faroz, Kamis (21/3/2024)

Sementara pengangkatan-pengangkatan P3K itu secara periodik, per tahun pun barangkali sangat lambat apalagi guru PNS bidang pendidikan Agama. Contoh, di satu gugus saja tidak ada guru agama berstatus PNS ataupun P3K kecuali yang honorer, katanya

Kondisi seperti ini menurut HM Faroz tentunya berpengaruh terhadap proses belajar mengajar terlebih pada bidang peningkatan  moralitas dan berakhlak. 

Sementara guru sebagai support atau untuk mendongkrak dan membina mengarahkan kepada moralitas dan akhlak.

"Itu sangat dilema belum lagi guru PJOK disatu sisi bahwa olahraga ini harus dikembangkan sedangkan guru PJOK tidak ada. Bagaimana anak bisa berkembang," pungkasnya. 

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut