get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Bulog Cianjur Jamin Ketersediaan Stok Beras Selama Ramadhan

Rabu, 28 Februari 2024 | 21:06 WIB
header img
Bulog Cianjur jamin ketersediaan stok beras, Foto, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Bulog Subdivre Cianjur menjamin stok beras menghadapi Ramadan dalam kondisi aman. Karena memiliki cadangan beras yang disimpan digudang sebanyak  1.700 ton beras.

Hal tersebut diungkapkan Pimpinan Cabang Bulog Subdivre Cianjur, Renato Horison, bahwa stok beras relatif aman, bisa mencukupi kebutuhan hingga bulan Ramadhan. Total, stok yang tersedia di gudang kemungkinan bisa mencapai kisaran 3.200 ton.

"Untuk saat ini kita memili beras yang disimpan di gudang hampir 1.700 ton. Bahkan dalam waktu dekat direncanakan ada lagi penambahan sekitar 1.500 ton. Jadi total stok yang tersedia sebanyak 3.200 ton. Stoknya sudah mencukupi untuk kebutuhan selama Ramadan," tuturnya, Rabu (28/2/2024).

Renato menambahkan akhir-akhir ini harga beras di pasaran melonjak signifikan. Bulog sebagai instansi pengelolaan persediaan, distribusi, dan pengendalian harga beras, mengambil beberapa langkah.

"Untuk pengendalian dan stabilitasi harga, kami menyalurkan bantuan pangan. Untuk alokasi Januari sudah tersalurkan 100%, sedangkan untuk alokasi Februari, ini masih berprogres," ujarnya.

Di Kabupaten Cianjur sendiri, jumlah penerima bantuan beras terdata sebanyak 277.790 keluarga penerima manfaat (KPM). Bantuan itu diharapkan bisa menurunkan tingkat permintaan beras sehingga harga diharapkan ikut turun.

"Dengan menurunnya permintaan, maka akan berdampak harga juga ikut turun," katanya.

Upaya lainnya yakni pengadaan beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Beras kualitas medium itu disalurkan kepada para pedagang maupun langsung kepada masyarakat yang dijual dengan harga relatif lebih murah.

"Biasanya kalau langsung ke masyarakat, kita bekerja sama dengan pemerintah daerah. Misalnya saat ada gelar pangan murah atau operasi, kita menjadi penyedia beras SPHP," ujarnya.

Renato memperkirakan pasokan beras akan kembali normal memasuki Maret. Pasalnya, pada waktu itu diperkirakan memasuki masa panen padi. 

"Kalau panen sudah normal, Insya Allah harga pun bisa kembali ke semula," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut