get app
inews
Aa Read Next : Pekerja Migran Indonesia Asal Cianjur Jadi Korban Kekerasan Majikan di Timteng

Lewat Program SPSK, Jawa Barat Targetkan Penempatan 10 Ribu Pekerja Migran Indonesia

Kamis, 25 Januari 2024 | 16:49 WIB
header img
Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Barat, Teppy Wawan Darmawan dalam kunjungan ke Sukabumi (Foto : Istimewa/MJ)

Dalam skema SPSK, tugas Pemda adalahmenerima pendaftaran Pencaker; melakukan proses seleksi; melakukan verifikasi dokumen dan data diri pencaker bekerja sama dengan LSP melakukan proses sertifikasi; bekerja sama denganimigrasi untuk membuat passport.

“Para Pencaker yang berada di BLK ini pada saat ini telah masuk dalam fase sertifikasi”, tutur Kadisnakertrans Teppy.

Program pelatihan untuk penempatan ini adalah gelombang pertama. Mereka diharapkan dapat berangkat pada bulan Februari 2024. Kami juga akan bekerja sama dengan kabupaten/kota lainnya untuk dapat merekrut dan mempersiapkan pencaker yang ingin mengikuti program ini”.

Kadisnakertrans Jabar, Teppy Wawan Dharmawan juga menghimbau agar warga Jawa Barat yang ingin bekerja di Timur Tengah khususnya di Arab Saudi agar mengikuti program resmi yang dibuat oleh Pemerintah ini. Ia juga mengecam karena masih adanya penempatan yang illegal yang melibatkan warga Jawa Barat. Masih ada yang berangkat kerja menggunakan visa kunjungan, padahal mereka bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga di Arab Saudi.

“Warga Jawa Barat harus tahu, bahwa berangkat kerja secara illegal itu sangat merugikan. Selain berpotensi mendapatkan masalah hukum, gaji setiap bulannya hanya 1200 Saudi Real. Melalui penempatan resmi program ini, gaji mereka 1500 Saudi Real. Untuk itu, daftarkan diri dengan benar melalui aplikasi SIJU atau job fair yang nanti akan banyak diselenggarakan oleh Disnakertrans Provinsi bekerja sama dengan Disnaker Kab/Kota. Beri kesempatan agar Pemerintah melalui ekosistem yang dibangunnya untuk dapat membantu warga Jawa Barat agar dapat bekerja dengan aman, terpantau, serta mendapatkan penghasilan yang lebih layak,” pungkas Kadisnaker Teppy.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut