get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

BPBD: Ada 37 Ribu KK Korban Gempa Bumi Cianjur yang Harus Dicairkan Ditahap Empat Secepatnya Tapi

Selasa, 23 Januari 2024 | 08:32 WIB
header img
Kepala Bidang Rehab Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Nurzein, Foto, Ayi Sopiandi, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kepala Bidang Rehabilitasi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Nurzein mengatakan, harapan pencairan duit gempa bagi korban gempa bumi tahap empat bisa dilakukan sebelum pemilu. 

Nurzein mengatakan, keinginan semua baik itu Pemkab Cianjur bahwa pencairan tahap ke empat bagi penyintas gempa diharapkan sesegera mungkin. 

"Perlu diketahui, semua itu perlu proses yang tidak sebentar. Mudah-mudahan sebelum Pemilu pencairan tahap ke empat bisa cair," kata Nurzein, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/1/2024) kemarin. 

Nurzein mengatakan, proses pencairan tentunya BPBD sebagai pelaksana kegiatan perlu pengajuan terlebih dahulu ada mekanisme dan begitu panjang mulai dari pendataan, lalu ke tahapan selanjutnya seperti inspektorat Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), dan kembali di review dan ditindaklanjuti ke Kementerian Keuangan. 

"Dari Kementerian Keuangan lalu kembali lagi ke BNPB dan direkomendasikan ke BPBD dan selanjutnya akan dikirim langsung ke no rekening masing-masing penerima bantuan melalui bank yang telah ditunjuk," ujarnya. 

Menurutnya, sebelum Pemilu tahun 2024 ini harapannya semua sudah selesai pencairan. Terlebih hingga saat ini sudah berjalan kurang lebih satu tahun lamanya, meski jika dibandingkan dengan penanganan di kota/kabupaten lain misalnya, Cianjur ini lebih cepat penanganannya.

"Dari 100 ribu jumlah korban pasca gempa bumi Cianjur pada 21 November 2022 lalu, kini hanya 37 ribu KK lagi yang masih dalam tahap pencairan dan masuk di tahap empat," katanya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut