get app
inews
Aa Read Next : Korban Pergerakan Tanah Masih Ngungsi Nunggu Hasil Kajian Geologi

Pergeseran Tanah Kembali Terjadi di Desa Batulawang Cipanas

Kamis, 11 Januari 2024 | 11:15 WIB
header img
Pergerakan tanah di Kampung Sindanglangu, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Foto, Yayan. S, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pergeseran tanah kembali terjadi di wilayah Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kali ini, pergeseran tanah terjadi di lahan persawahan warga di Kampung Sindanglangu.

Lokasi kejadian berada di area yang rawan longsor. Menurut warga setempat, longsor sering terjadi di area tersebut setelah hujan deras.

Kepala Desa Batulawang, H. Nanang, mengatakan bahwa peristiwa pergeseran tanah terjadi pada Rabu (10/1/2024) malam. Sebelumnya, pada hari yang sama, terjadi keretakan tanah di area tersebut. Intensitas hujan yang tinggi selama sekitar 3 jam menyebabkan tanah semakin tergerus dan akhirnya longsor.

"Tidak ada korban jiwa maupun bangunan yang rusa. Namun, lahan pertanian milik warga seluas sekitar 30 meter persegi mengalami kerusakan," ujarnya.

H. Nanang menjelaskan bahwa area tersebut berada di zona rawan terhadap pergerakan tanah. Selain karena kontur tanah yang relatif curam, tanah di area tersebut juga labil. Oleh karena itu, longsor sering terjadi di area tersebut, terutama di musim penghujan.

H. Nanang mengimbau warga di sekitar lokasi kejadian untuk tidak mendekati atau melintasi area tersebut. Warga juga diminta untuk sementara waktu menghentikan aktivitas bertani di area tersebut.

"Kami sudah memasang tanda peringatan di lokasi kejadian," kata H. Nanang. 

"Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penanganan lebih lanjut," katanya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut