get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan, RSUD Pagelaran Tambah Poli Rehab Medik

DLH Cianjur, Wacana Pemindahan TPAS Pasir Sembung ke Cikalongkulon Dipercepat

Sabtu, 06 Januari 2024 | 21:18 WIB
header img
Foto, iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemindahan tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Pasir Sembung, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, tampaknya akan segera terealisasi. TPAS Pasir Sembung yang telah overload, akan dipindahkan ke kawasan baru di Kampung Cimuncang, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon.

Pada lokasi TPAS Desa Mekarsari, terlihat sebidang lahan telah dibuka, namun masih berupa lahan kosong. Akses masuk masih berupa jalan tanah berlumpur. Rencananya, akan dibangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di lokasi pembuangan sampah pengganti tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur Ahmad Rifa’i Azhari mengungkapkan, meskipun masih dalam tahap pengerjaan, pihaknya menargetkan TPAS Mekarsari tersebut sudah bisa digunakan dalam waktu dekat ini.

“TPAS Mekarsari itu dikerjakan oleh Pemerintah Pusat. Kita menargetkan pertengahan atau akhir bulan ini, karena sudah disiapkan lahan 4.000 meter persegi untuk pembuangan sementara, sebelum nantinya TPST rampung,” kata Rifa’i beberapa waktu lalu.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui dinas terkait sedang membangun jalan sebagai akses keluar masuk ke TPAS Mekarsari.

“Pembangunan akses jalan keluar masuk truk pengangkut sampah dianggarkan melalui dinas terkait,” kata dia.

Rifa’i mengatakan, upaya percepatan pembangunan TPAS Mekarsari tersebut menjadi solusi sampah Cianjur di tengah kondisi TPAS Pasir Sembung yang sudah dinyatakan overload.

“TPAS Pasir Sembung sudah penuh. TPA yang kita bangun di belakang DLH yang seluas 2.000 meter persegi pun sudah penuh,” ujarnya.

Menurut Rifa’i, TPAS Mekarsari akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, lebih luas dibandingkan dengan TPAS Pasirsembung yang hanya enam hektar.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut