get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Cimpaka

Rabu, 03 Januari 2024 | 20:33 WIB
header img
Rumah warga di Campaka tertimbun longsoran, Foto, iNewCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur, Rabu (3/1/2024), mengakibatkan tebing setinggi 7 meter longsor.

Longsoran tersebut menimpa satu rumah warga di Kampung Cimanggu, Desa Cibanggala.

Akibat longsoran tersebut, rumah warga tersebut rusak parah. Material longsoran juga menutupi ruas jalan sehingga menyebabkan akses jalan dari Desa Sukabungah dan Cibanggala atau sebaliknya terputus.

Camat Campakamulya Chandra Dwi Kusumah mengatakan, peristiwa longsor tersebut diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak satu hari lalu.

"Wilayah kami sejak kemarin diguyur hujan deras terus menerus, akibatnya tebing tidak bisa lagi menahan air, sehingga terjadilah longsor," ujar Candra, Rabu (3/1/2024).

Untuk mencegah terjadinya longsor susulan, pihaknya telah meminta bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk melakukan tindakan secepatnya.

"Saya sudah meminta kepada dinas terkait untuk segera lakukan pemasangan bronjong di tengah, supaya dapat menahan tanah. Jadi warga juga bisa aman sampai ada pengajuan perbaikan," terangnya.

Candra menambahkan, pihaknya kesulitan jika menggunakan dana bencana tanggap darurat untuk memperbaiki rumah warga yang terdampak longsor. Hal ini dikarenakan medan yang berat dan ukuran tanah yang longsor yang cukup besar.

"Tidak mungkin kalau dilakukan penataan atau pembongkaran. Mungkin nanti dianggaran tahun selanjutnya atau mungkin pada anggaran perubahan. Untuk sementara warga yang terdampak dan berada ditempat yang rawan longsor diungsikan ditempat aman," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut