get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Nikmati Libur Tahun Baru Mancing Ikan di Waduk Cirata Jangari

Selasa, 26 Desember 2023 | 09:45 WIB
header img
Pemancingan di lapak (rakit) di Jangari, Foto, Yudi Dharmawan, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Libur Natal dan Tahun Baru juga dimanfaatkan warga Cianjur, bahkan dari luar Cianjur seperti Sukabumi, Bogor, Bandung, dimanfaatkan dengan mancing di Waduk Cirata Jangari Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur.

Momen Libur tahun baru kali ini, tampak pemancing memadati atau mengisi semua rakit-rakit yang ada di sekitaran wilayah Waduk Cirata Jangari untuk menyalurkan hobi dalam bentuk mancing ikan air tawar.

Pemancing yang datang ke Jangari, biasanya berdatangan mulai dari sore, malam hari, hingga pagi dan pulang di sore hari.

Berbagai macam jenis ikan yang dipancing mulai dari ikan nila, mas, dan jenis nila Golosom, bawal patin dan jenis lainnya.

Adapun media umpan yang digunakan para pemancing itu berparatif, mulai dari umpan lumut, lumut busa, cacing, dan juga umpan racikan (geleng).

Terdapat beberapa spot mancing yang disediakan oleh para pemilik rakit. Mulai dari Leuwi orok, Salam, Pasir Panjang, MK, bangkong Di belintik Malingping cijukung sangkali, bahkan ada yang nyampe ke wilayah Purwakarta atau palumbon.

Salah satu pemancing asal Kecamatan Cibeber Ealan Hermawan, mengatakan, mancing dilakukan dirinya untuk menghilangkan rasa penat selama bekerja satu minggu penuh. Terlebih momen saat ini adalah momen Libur tahun baru jadi tak sedikit para pemancing yang datang ke Jangari, diantaranya pemancing dari Sukabumi, Bogor, Bandung, dan lokal Cianjur sebagai mayoritas.

Elan mengatakan, dirinya membawa lima joran pancingan dengan berbagai macam umpan diantaranya mulai dari lumut, umpan geleng, dan ada juga yang membawa cacing tentunya dengan harapan bisa membawa ikan atau tarikan ikan itu sendiri.

"Selain hasil yang diharapkan, tentunya yang paling diutamakan para pemancing itu adalah ketika joran disambar ikan sehingga tarikannya yang menjadi sensasi.

Dijelaskan Elan, dirinya berangkat dari rumah setelah salat subuh, perjalanan dari rumah menuju lokasi kurang lebih satu sampai dua jam, lantaran terlebih dahulu belanja bahan-bahan seperti umpan dan juga mediasi pengumpul ikan.

Pemancing lainnya Adin, asal Kecamatan Cipanas, mengaku jika kegiatan mancing ini hanya Mengisi waktu kosong atau pada saat di luar jam kerja. Dalam satu minggu kadang satu kali bahkan dalam satu bulan itu hanya dua kali dan tergantung dari waktu luang.

"Kalau saya sih mancing tidak begitu rutin. Namun di saat ada kesempatan libur bekerja tentunya saya gunakan untuk memancing ikan di Jangari.

Seperti diketahui pemancing yang datang ke Jangari, kurang lebih per minggu bisa mencapai lima ribu  sampai dengan 10.000 orang berbagai tujuan para pemancing menggunakan atau menyeberang menggunakan perahu mesin.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut