get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Lapuk Dimakan Usia, Dua Ruang Kelas SDN Tanjungsari Cianjur Ambruk

Selasa, 19 Desember 2023 | 09:18 WIB
header img
Kegiatan belajar mengajar dilakukan di lapang, pasca ambruknya ruang kelas, Foto, iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Puluhan siswa SD Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanjungsari 3 yang berada di Kecamatan Sukaluyu, terpaksa harus belajar dilapangan. Pasalnya dua ruangan kelas satu dan kelas ambruk pada Jumat (15/12/2023) lalu.

Kepala Sekolah SDN Tanjungsari 3 Nandang Rustandi mengatakan, ada dua ruangan kelas yang mengalami rusak parah yaitu ruangan kelas satu dan kelas dua.  Sehingga kedua ruangan tersebut tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Akibatnya para siswa dan guru terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di lapangan halaman sekolah atau di ruangan kelas lain.

"Sebelumya memang kedua ruangan kelas tersebut sudah mulai terlihat akan ambruk. Sejak itu saya perintahkan anak kelas satu dan dua serta guru tidak melakukan KBM di kelas itu. Benar saja saat hujan deras hari Jum'at (15/12/2023) lalu kedua rungan kelas tersebut ambruk," kata Nandang kepada awak media, Senin (18/12/2023) kemarin.

Dikatakan Nandang, bangunan sekolah Tanjungsari 3 akan diperbaiki menggunakan anggaran di tahun 2024. "Katanya menunggu anggaran tahun 2024 dan kita sudah melaporkan ke pihak Dinas ambruknya dua rungan kelas tersebut," katanya.

Saat ini, dua bangunan yang berada didekat bangunan tersebut juga akan di kosongkan tidak akan digunakan belajar mengajar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Iya banguan disebelahnya yang ambruk  saya perintahkan untuk juga dikosongkan untuk menghindari yang tidak diinginkan. Untuk sementara kegiatan belajar mengajar kelasa satu sampai kelas 4 pembelajaran di pindahkan ke ruang kelas lain dan mushola atau belajar dilapangan," terangnya.

Sementara itu, Wati (8) siswa kelas 4 SDN Tanjungsari 3 mengungkapkan, dirinya harus belajar di halaman lapangan sekolah karena kelasnya roboh.

"Kelasnya roboh jadi belajarnya di sini diluar bareng sama kelas satu," katanya.

Meskipun melakukan pembelajaran diluar ruangan, menurut Wati pihaknya tetep merasa nyaman. "Tetep nyaman, gakpapa belajar disini. Baru tadi belajar disini," terangnya.

Sementara itu Kasi Sarana Prasarana dan Data SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Baehaki mengungkapkan, ketika sudah ada gedung sekolah yang rusak dan tidak layak pakai seperti SDN Tanjungsari 3, itu harus segera di hapuskan berdasarkan perbub yang ada di Kabupaten Cianjur.

"Setelah dihapuskan dan tertib administrasi, tahapan selanjutnya untuk direhabilitasi ditahun berikutnya yaitu tahun 2024," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut