get app
inews
Aa Read Next : Baligho BHSI Diturunkan, Tim Advokasi Akan Ambil Tindakan, Bawaslu: Akan Ditelusuri

Logistik Pemilu 2024 Diterima KPU Cianjur dan Akan Segera di Distribusikan

Rabu, 06 Desember 2023 | 19:24 WIB
header img
KPU Cianjur saat menggeralar rapat koordinasi, Foto Dani Jatnika, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Logistik Pemilu 2024 pengadaan tahap pertama telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur. Ada lima item logistik yang sudah terdistribusikan di gudang KPU Kabupaten Cianjur.

Menurut Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin, mengatakan sesuai rencana, pengadaan kebutuhan logistik Pemilu 2024 dibagi menjadi dua tahap pengadaan. Pada tahap pertama pengadaan, logistiknya terdiri dari kotak suara, bilik suara, tinta, segel, dan segel plastik (ties).

"Pada tahap pertama swnua logistik sudah diterima di gudang KPU Kabupaten Cianjur," kata Hari di sela-sela kegiatan rapat koordinasi persiapan pendistribusian logistik Pemilu 2024 di hotel Grand Bydiel di Jalan Raya Ir Haji Juanda, Rabu (6/12/2023).

Kegiatan rakor tersebut diikuti para aparatur wilayah dari 32 kecamatan serta 32 ketua panitia pemilihan kecamatan (PPK). Hadir juga perwakilan dari Polres Cianjur, Bawaslu, serta Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur.

Sementara itu untuk pengadaan  logistik tahap dua yaitu berupa surat suara, formulir, sampul (amplop), serta alat bantu disabilitas masih dalam tahap produksi.

"Saya mendapatkan informasi, untuk surat suara DPR RI sudah masuk. Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten Cianjur di enam dapil informasi yang kami terima sudah hampir selesai. Tinggal distribusi ke gudang KPU Kabupaten Cianjur," ungkapnya.

Hari mengatakan, untuk jumlah surat suara, disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2% di masing-masing TPS. Sedangkan untuk pendistribusian logistik sudah diatur Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1395/2023 tentang Pedoman Teknis Tata Kelola Logistik Pemilihan Umum.

"Kami melakukan langkah-langkah strategis sesuai pedoman teknis tersebut," ujarnya. 

Sementara kondisi geografis Kabupaten Cianjur terbilang cukup luar biasa. Kabupaten Cianjur memiliki wilayah yang cukup luas terbagi menjadi 354 desa dan enam kelurahan yang tersebar di 32 kecamatan.

"Tentu saja ini harus menjadi perhatian khusus. Saya pun selalu berkoordinasi dengan pak Sekretaris KPU Kabupaten Cianjur terkait dengan langkah-langkah khusus," imbuhnya.

Sehingga pendistribusian memerlukan langkah strategis yang harus dilakukan, jadi kami akan mendahulukan pendistribusian logistik ke wilayah paling jauh. Langkah itu perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa menjadi potensi gangguan pada pendistribusiannya.

"Tentu masih banyak hal-hal yang diatur pada Keputusan KPU Nomor 1395/2023 itu. Mulai dari gudang, terus nanti proses sortir dan lipat suara, dan lainnya," pungkas Hari.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut