get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

PDAM Cianjur Berikan Pemasangan Sambungan Gratis Bagi Keluarga Stunting di Tahun 2024

Selasa, 05 Desember 2023 | 21:08 WIB
header img
Direktur Utama Perumdan Tirta Mukti Cianjur, Budi Karyawan Foto, Dani Jatnika, iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Perusahaan Umum Air Minum Daerah (Perumdam) Tirta Mukti, Kabupaten Cianjur untuk program tahun depan kembali merencanakan pemasangan sambungan air gratis bagi keluarga anak stunting.

Menurut Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan, mengaku ikut berpartisipasi aktif mendukung upaya percepatan penurunan angka kasus stunting. Salah satunya membuka akses konsumsi air bersih bagi keluarga anak penderita stunting. 

"Selama tahun 2023, kami di Perumdam Tirta Mukti telah menuntaskan pemasangan 600 sambungan air gratis bagi keluarga yang anaknya menderita stunting. Ini juga atas saran pak Bupati agar semua elemen bisa berkolaborasi mempercepat penurunan angka kasus stunting," ujar Budi kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (5/12/2023).

Program pemasangan sambungan air bersih gratis bagi keluarga anak penderita stunting akan berlanjut tahun depan. Sesuai rencana, dialokasikan sebanyak 500 sambungan baru gratis.  

"Data penerima bantuan sambungan air bersih gratis ini kami peroleh dari RT/RW dan desa. Kami juga kerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," kata Budi. 

Budi menuturkan data penerima itu kemudian diverifikasi dan divalidasi. Setelah disinkronisasi, selanjutnya dilakukan pemasangan sambungan. 

"Ini dilakukan agar bantuan betul-betul tepat sasaran. Kami tentu berharap bantuan akses air bersih ini dimanfaatkan penerima sebagai upaya intervensi sensitif dari sisi dukungan intervensi spesifik," tegasnya. 

Untuk tahun depan Perumdam Tirta Mukti akan menargetkan pemasangan 3 ribu sambungan air bersih gratis. Alokasinya akan diusulkan ke pemerintah pusat melalui Kementerian PU-Pera dari program 10 juta sambungan air bersih. 

"Selama tahun 2023, kita juga memasang sebanyak 2.400 sambungan gratis. Anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) maupun pemerintah daerah serta program masyatakat berpenghasilan rendah (MBR). Jadi kalau ditotal, tahun ini pun terdapat 3 ribu sambungan air bersih," pungkas Budi.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut