get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Delapan Rumah di Padaluyu Cikadu Cianjur Terancam Longsor

Kamis, 23 November 2023 | 18:24 WIB
header img
Rumah warga di Desa Padaluyu Kecamatan Cikadu Cianjur selatan terancam longsor, Foto : iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Delapan rumah di Kampung Simpang, Desa Padaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur terpaksa harus direlokasi karena mengalami rusak berat akibat longsor.

Hal itu dibenarkan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Kusmana Wijaya, sebelumnya sebanyak 5 rumah mengalami rusak berat akibat tanah longsor di Kampung Simpang, Desa Padaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, pada Rabu (15/11/2023).

Sementara tiga rumah yang tidak jauh dari lokasi kejadian juga terancam berpotensi longsor, pasalnya berada di sekitar tebing yang sama.

"Tapi kami sudah berkoordinasi dan minta di teliti dulu sama Badan Geologi. Data sementara rencananya delapan rumah dulu direlokasi karena bersebelahan dengan tebing yang longsor. Sedangkan belasan lainnya yang terancam, masih dalam pendataan. Kemungkinan akan direlokasi ke tanah desa yang dinilai aman dari longsor," ujar Asep saat dihubungi iNewsCianjur lewat pesawat telepon, Kamis (23/11/2023).

Kondisi tanah longsor tersebut mengancam sekitar 12 rumah warga yang dihuni lebih dari 30 jiwa. Dan Sejauh ini masih ada lima keluarga yang masih bertahan di pengungsian.

"Lima keluarga terdiri 16 jiwa mengungsi diteras sekolah dan madrasah yang aman dan untuk bantuan logistik sudah kita kirim ke lokasi," katanya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, agar warga yang terdampak longsor di Kecamatan Cikadu agar segera direlokasi.

"Karena rumah mereka terletak di jalur longsor dan pergerakan tanah, kami minta dinas terkait berkoordinasi dengan kecamatan dan desa untuk mempersiapkan lahan relokasi," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut