get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Pemkab Cianjur Optimistis Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Cianjur Meningkat

Jum'at, 10 November 2023 | 22:29 WIB
header img
Tempat wisata di Kebun Raya Cibodas Cipanas, Foto : iNewsCianjur.id/ist

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, optimis target 2 juta lebih  jumlah kunjungan wisatawan bakal tercapai. Pasalnya hingga akhir Oktober, jumlah kunjungan telah mencapai 1,6 juta wisatawan atau kisaran 80% dari target. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Elis Rosmakania, perkembangan data jumlah kunjungan wisatawan cenderung masih dinamis. Artinya, jumlah wisatawan yang datang ke berbagai objek daya tarik wisata (ODTW) masih terus bertambah. 

"Dari periode bulan Januari hingga Oktober, jumlah kunjungan wisatawan yang kami catat dari semua ODTW sebanyak 1.666.044 orang. Jumlahnya telah mencapai 80,68% dari target tahun ini sebanyak 2.065.021 wisatawan," ungkap Elis, kepada awak media di kantornya, Jumat (10/11/2023). 

Menurut Elis, pengunjung yang datang ke berbagai ODTW di Kabupaten Cianjur tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. Namun, mayoritas masih didominasi wisatawan domestik. 

"Wisatawan yang datang masih di dominasi wisatawan lokal. Berdasarkan data, jumlah wisatawan lokal sebanyak 1.576.154 orang dan sebanyak 89.890 orang merupakan wisatawan mancanegara," ujar Elis. 

Disbudpar Kabupaten Cianjur mengklasigikadikan wisatawan menjadi dua bagian yaitu wisatawan yang berwisata ke berbagai ODTW dan yang hanya menginap di hotel. Paling banyak yang datang ke berbagai ODTW. Jumlahnya sebanyak 1.177.324 orang. Kalau wisatawan akomodasi atau menginap di hotel sebanyak 488.720 orang. Mayoritas wisatawan yang datang tidak menginap. Biasanya mereka datang ke satu ODTW, kemudian kembali ke daerahnya. 

"Objek wisata unggulan di Kabupaten Cianjur terdapat 59 ODTW. Objek wisata Kebun Raya Cibodas hingga saat ini masih menjadi tempat wisata favorit yang banyak dikunjunngi wisatawan terutama wisatawan lokal," pungkas Elis.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut