get app
inews
Aa Read Next : Baligho BHSI Diturunkan, Tim Advokasi Akan Ambil Tindakan, Bawaslu: Akan Ditelusuri

Kemarau Panjang, Debit Air di Curug Cikondang Menyusut

Rabu, 04 Oktober 2023 | 14:28 WIB
header img
Curug Cikondang Cianjur, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kemarau panjang yang melanda senjumlah Kecamatan di wilayah Cianjur Selatan, telah berdampak menyusutnya debit air kali yang melintasi obyek wisata Curug Cikondang yang terletak di perbatasan wilayah Desa Sukadana dengan Desa Wangunjaya Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur.

Hasil pantauan iNewsCianjur.id di lapangan, Rabu (04/10/2023), debit air kali yang berasal dari air pegunungan yang berada di atas lokasi air terjun, mempunyai lebar 6 meter dengan kedalaman 1,5 meter, menyusut hingga 75 persen, 

Dengan menyusutnya debit air, keindahan air terjun yang berada di obyek wisata curug Cikondang kini jauh berkurang ke eksotisannya.

Menurut keterangan dari salah seorang petugas jaga di obyek Wisata Curug Cikondang Yudiansyah, mengatakan, air mulai menyusut dari awal bulan agustus 2023.

"Air mulai menyusut dari awal kemarau sekitar bulan agustus dan sampai hari ini semakin parah," katanya.

Dia mengaku, tingkat kunjungan wisatawan juga ikut tedampak.

"Wisatawan saat datang diparkiran dan  melihat airnya menyusut, mereka kembali pulang," Keluhnya.

Selain debit air yang menyusut drastis, akibat kemarau panjang yang melanda, terlihat rerumputan di area lokasi wisata Curug Cikondang yang dulu menghijau kini terlihat berubah warna kecoklatan akibat mengering.

Dampak berkurangnya tingkat kunjungan wisatawan yang datang, tentunya juga berdampak bagi para pedagang, salah satunya yang dialami Adah (52).

"Sekarang sepi pak wisatawannya jauh berkurang, kalau dulu di akhir pekan pendapatan  bisa mencapai 500 sampai 700 ribu setiap akhir pekannya, kini hanya 150 ribu aja alhamdulillah," ujarnya.

Curug Cikondang merupakan salah satu ikon tempat wisata terindah di Kabupaten Cianjur. Keindahan air terjunnya termashur hingga dijuluki air terjun Niagara Indonesia.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut