get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Pabrik Tahu di Cimanggu Cibeber Diontrog Kades dan Babhinkamtibmas Ada Apa?

Senin, 02 Oktober 2023 | 17:38 WIB
header img
Aliran sungai Cikondang, Cibeber diduga tercemari limbah pabrik tahu, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebuah pabrik tahu yang terletak persis dipinggir aliran sungai Cikondang di Kampung Pasir Ibrahim RT 01/06 Desa Cimanggu Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, disambangi Kepala Desa Cimanggu bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Senin (02/10/2023).

Kedatangan mereka dalam upaya menindaklanjuti aduan warga masyarakat terkait adanya bau yang menyengat, serta limbah produksi pabrik yang secara sengaja dibuang ke aliran sungai Cikondang.

Hasil pantauan dilapangan, air sungai Cikondang yang berada dibawah pabrik terlihat berbusa, membuat warga yang mencuci pakaian serta mandi di aliran sungai merasa resah dan mengadu ke kantor Desa Cimanggu.

Kepala Desa Cimanggu, M.Rohman Budiman, mengatakan, pihak Pemerintahan Desa Cimanggu menyambangi pabrik dalam upaya menindaklanjuti aduan warga.

"Kami mendapat aduan dari warga, adanya pencemaran air sungai, tempat yang tercemar tepat berada di lokasi dimana aktifitas warga mencuci dan mandi," ujar Rohman.

Rohman menyayangkan, pabrik tahu yang telah beroperasi selama tiga tahun tersebut, tudak memiliki pengolahan limbah.

"Disaat warga sekarang memerlukan air aliran sungai Cikondang untuk beraktifitas cuci dan mandi, karena terdampak kemarau, debit air sungai menyusut dan hampir mengering, malah dicemari limbah," kata Dia.

Pemerintah Desa Cimanggu telah menegur pemilik pabrik, dan meminta untuk dibangun fasilitas pengolahan limbah yang sesuai dengan kapasitas limbah yang ada.

"Sebetulnya mereka telah punya penampungan limbah, namun itu bukan pengelolaan limbah, jadi  tidak ada fungsi sama sekali," tandasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut