get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Musim Kemarau Masih Panjang Bupati Cianjur Ingatkan Warga Selalu Waspada

Sabtu, 23 September 2023 | 21:12 WIB
header img
Upacara kesiapsiagaan penanganan bencana musim kemarau di lingkungan Pemkab Cianjur, Foto : istimewa

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Bupati Cianjur H Herman Suherman, mengatakan, musim kemarau dipastikan akan masih terus terjadi. Sehingga masyarakat agar lebih berhati-hati karena rentan terjadi bencana kebakaran

Menurut Herman, tak sedikit kejadian bencana kebakaran terjadi di Cianjur baik itu kebakaran lahan hutan maupun rumah.

Bupati Cianjur H Herman Suherman membenarkan jika berdasarkan informasi dari BMKG dan dipertegas Presiden RI Joko Widodo bahwa fenomena El Nino dan kemarau akan berkepanjangan. 

"Memang apel gelar pasukan ini, sebagai bentuk antispasi terjadinya kebakaran agar masyarakat merasa aman dan nyaman. Mengingat fenomena El Nino dan kemarau yang berkepanjangan," ujar H Herman usai upacara.

Menurut Herman, kesiapsiagaan penanganan kebakaran ini, tidak ada artinya jika tidak ada kedisiplinan dari masyarakat.

"Memang sebelumnya, beberapa yang bulan lalu, wilayah Kabupaten Cianjur dilancarkan dari kebakaran hutan maupun rumah. Hal itu, berkat kekompakan jajaran Forkopimcam, Desa dan Forkopimda yang bisa menyeleseaikannya dengan baik. Karenanya, mari terus kita rapatkan barisan seraya berdoa, semoga wilayah kita terhindar dari segala bencana," kata Herman.

Kepala Satpol-PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Tedi Artiawan menambahkan ada tiga hal yang disampaikan Bupati Cianjur, dimana yang pertama harus meningkatkan kewaspadaan pada saat musim kemarau tahun 2023 ini. 

"Sebenarnya bukan hanya Damkar saja yang harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, masyarakatpun tetap harus menjaga lahan perkebunannya dan rumahnya agar berhati-hati dalam menggunakan bahan bakar," tegasnya.

Selama ini, kata Tedi, pihak kami sudah siap siaga selama 24 jam setiap harinya, untuk melayani ketika ada laporan dari masyarakat kejadian kebakaran. 

“Ketiga, kebersamaan gotong royong bahwasanya program penanganan kebakaran tidak hanya andil pemerintah daerah saja, tapi semua pihak juga harus ikut membantu terkait kewaspadaan kebakaran ini," ucapnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut