get app
inews
Aa Read Next : Baligho BHSI Diturunkan, Tim Advokasi Akan Ambil Tindakan, Bawaslu: Akan Ditelusuri

Lagi, Kebakaran Lahan Terjadi di Cibeber Warga dan Damkar Sibuk Padamkan Api

Rabu, 06 September 2023 | 17:08 WIB
header img
Petugas Damkar saat mematikan kobatan api di lahan pohon bambu, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kebakaran lahan kembali terjadi di wilayah Kecamatan Cibeber, kali ini api melalap kebun bambu milik warga seluas kurang kebih 5000 meter persegi dan hampir membakar instalasi kabel listrik di atasnya.

Kebun warga yang terbakar berada di wilayah Desa Cipetir tepatnya di perbukitan di pinggir jalan Tambakbaya menuju Desa Kanoman Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Rabu (06/09/2023).

Petugas pemadam kebakaran dari Wilayah Mako Kebakaran (WMK) Pos Lima Cibeber diterjunkan padamkan api bersama warga serta anggota Satpol PP Kecamatan,Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Cipetir.

Api menyebar di sejumlah titik hingga petugas Damkar pun harus bekerja keras padamkan api dari satu titik ke titik lainnya.  Diduga api berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab membakar sampah atau daun yang mengering di lahan kebun yang terbakar. Api dapat dipadamkan sekitar 20 menit kemudian oleh petugas.

Kapolsek Cibeber Kompol Aca Nana Suryadi mengatakan, kebakaran kembali terjadi akibat dari kurangnya kesadaran warga akan bahaya kebakaran besar disaat musim kemarau.

"Kita sebetulnya sudah sosialisasikan imbauan melalui bhabinkamtibmas, masyarakat kalau memang mau membakar tumpukan sampah di kebun tolong di tungguin dan pastikan api mati sebelum ditinggalkan," ujarnya.

Tapi saya sangat berharap, Lanjut Aca, di musim kemarau seperti sekarang janganlah lakukan dulu membakar sampah atau apapun material yang ada di kebun untuk menghindari kebakaran yang lebih besar.

"Kebakaran lahan akan terus terjadi jika warga tidak mempertimbangkan bahaya yang akan timbul saat membakar atau membersihkan lahan dengan cara dibakar," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut