get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

BPBD, Pencairan Dana Gempa Masih Terus Berlanjut

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 16:02 WIB
header img
Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Cianjur, Nuzein, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyebut hingga saat ini pencairan dana bantuan rumah rusak ringan, sedang, berat masih terus berlanjut.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BPBD Cianjur Nurzein, selain itu pencairan tahap sudah terealisasikan 100 persen. 

"Yang sudah terealisasi untuk tahap satu yaitu hampir 100% paling sekitar 98%, tahap ke ll juga sama mungkin sekitar 95% dan tahap lll sudah mencairkan hampir 75%," kata Nurzein, Jum'at (11/8/2023).

Dijelaskannya bahwa masih banyak yang belum menerima pencairan dikarenakan ada masyarakat yang tidak sesuai dengan kategori jadi mereka mengajukan pengaduan nantinya direalisasikan di tahap empat. 

"Ada ribuan yang belum memiliki rekening karena terkendala adminduk dan kami berharap kepada warga untuk secepatnya mencairkan untuk tahap l dan ll," jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa ada banyak yang berubah kategori dari sebelumnya yaitu kenaikan grade dimana otomatis harus ada penambahan uang.

"Bila adanya penambahan uang harusnya kita mengajukan dulu ke Kementerian Keuangan dan tentu akan lama lagi," ungkapnya.

Kiakuinya untuk tahap ke empat masih dalam proses verifikasi dan diharapkan bisa selesai di akhir bulan September. Selain itu dirinya menambahkan bahwa banyak mekanisme yang harus ditempuh dimana juga harus melalui SK bupati.

"Nanti di review inspektorat BNPB. Estimasi perhitungan saya paling cepet bulan Desember," tandasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut