get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Pembangunan Jalon Tol Bogor-Puncak-Cianjur, Bupati : Semoga Cepat Terealisasi

Kamis, 20 Juli 2023 | 20:18 WIB
header img
Bupati Cianjur, Herman Suherman Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Rencana pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan membangun jalan tol di kawasan Puncak Bogor hingga Cianjur sepanjang 51 Km guna mengatasi kemacetan diapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Bupati Cianjur Herman Suherman, menyebutkan wacana akan dibangunnya jalan tol Puncak-Cianjur oleh pemerintah pusat tentunya menjadi angin segar bagi warga dan Pemkab Cianjur.

"Semoga saja cepat terealisasi, meski pembangunan jalan tol tentunya tidaklah mudah memerlukan proses yang sangat panjang. Mulai dari perencanaan, pembebasan lahan, hingga amdal," ujar Herman di Pendopo Kabupaten Cianjur, Kamis (20/7/2023).

Meski begitu, kata Herman, namanya pembangunan jalan tol tidak mudah, mulai dari perencanaan, Amdal, studi dan pembebasan lahan, sehingga proses jalan tol masih panjang. "Tapi kami berharap dapat dengan cepat terealisasi," kata Herman.

Herman mengakui dengan adanya jalan tol tersebut akan sangat berimbas dengan Cianjur. Angka kunjungan dan pertumbuhan perekonomian akan ikut terdongkrak. Karena wisatawan dari luar kota yang akan berkunjung dengan tujuan Puncak-Cianjur tidak akan lagi terjebak macet hingga berjam-jam.

"Jalan tol akan menjadi solusi mengatasi macet di Jalur Puncak yang terjadi hampir setiap hari, terutama saat libur panjang dan akhir pekan, sehingga perekonomian dapat meningkat seiring tingginya angka kunjungan wisatawan yang datang ke Cianjur," ungkap Herman.

Sebelumnya, rencana pembangunan Jalan tol Puncak-Cianjur yang akan dibangun pemerintah pusat itu diposting di Instagram Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan ramai dikomentari netizen.

Ridwan Kamil menyebutkan bahwa Jalan Tol Puncak-Cianjur mulai diproses dan segera dibangun untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi objek wisata favorit warga dari berbagai daerah terutama Jabodetabek.

"Pembangunan ini menindaklanjuti berbagai aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor dan Cianjur," katanya.

Jalur tol ini dibangun Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepanjang 51 kilometer dari Caringin, Megamendung sampai Cianjur yang nanti akan disambung dari Cianjur ke Padalarang terkoneksi ke Tol Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Pangandaran.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut