get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

SMK di Cianjur Berikan Pelatihan Kerja

Kamis, 06 Juli 2023 | 14:39 WIB
header img
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Thari Sastra, Foto : iNewsCianjur.id/Fery Indra

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Jumlah pengangguran terbuka di kabupaten Cianjur dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Tohari Sastra.

Menurutnya hal ini dikarenakan jumlah perusahaan yang ada di Cianjur juga makin bertambah sehingga persentase jumlah pengangguran di Cianjur dari tahun ke tahun makin sedikit.  

"Ditahun 2020 jumlahnya dikisaran 11% di 2021 berada di 9% an dan di 2022 menjadi 8,4%," kata Tohari, Kamis (06/07/2023) 

Diungkapkannya bahwa selain dengan adanya event besar seperti job fair jumlah pencari kerja juga ternyata dilaksanakan dibeberapa sekolah.

"Tidak hanya dilaksanakan seperti sekarang tapi di beberapa SMK juga ada Bursa Kerja Khusus dimana mereka sudah ada kerjasama dengan beberapa perusahaan," ungkapnya.

Terkait dengan situasi saat ini dimana industri sedikit mengalami penurunan Tohari menjelaskan bahwa kondisi industri yang sedikit terganggu dan berdampak pada jumlah penyerapan tenaga kerja.

"Ya mungkin karena situasi ekonomi yang tidak bisa dihindari ada beberapa industri besar yang belum membuka lowongan kerja dan masih lebih baik untuk mempertahankan yang ada," jelasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut