get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Pembangunan Jalan Tol Cianjur-Kabupaten Bandung Segera Terwujud

Kamis, 22 Juni 2023 | 21:44 WIB
header img
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Kecamatan paling ujung di Selatan Kabupaten Cianjur yaitu Kecamatan Cidaun terpilih masuk dalam program studi Perencanaan Wilayah Kota (PWK). 

Sehingga Kecamatan Cidaun menjadi pusat pertumbuhan yang melayani skala provinsi dan antar kabupaten atau kota.

Status Kecamatan Cidaun menjadai PWK merupakan penunjukan pemerintah pusat bahkan sudah ada di Peraturan Presiden (Perpres) sesuai dengan kajian yang sudah dilakukan pemerintah pusat.

Pemkab Cianjur sangat mendukung Kecamatan Cidaun menjadi PWK karena akan mempercepat pembangunan infrastruktur dan mengangkat perekonomian di wilayah Cianjur Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengatakan dengan keluarnya Perpres terkait PWK Kecamatan Cidaun, akan dibangun jalan tol yang menghubungkan Cianjur-Bandung.

"Iya benar informasinya akan dibangun jalan tol sebagai penunjang, namun kami belum tahu berapa panjang dan detail pembangunannya," kata Eri kepada iNewsCianjur disela-sela acara Desa Manjur, Kamis (22/6/2023).

Eri menyebutkan Pemkab Cianjur sangat mendukung program yang diberikan pemerintah pusat Kecamatan Cidaun menjadi PWK, karena pembangunan dan pengembangan berbagai sektor di wilayah selatan Cianjur akan lebih cepat dan terintegrasi dengan pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

Eri mengungkapkan, untuk menunjang program pembangunan yang terhubung dengan jalan provinsi dan pusat, telah dilakukan pemerintah daerah dengan membangun jalan sepanjang 40 kilometer milik Kabupaten yang membentang di wilayah Selatan.

"Kami pemerintah daerah sangat mendukung dan merasa terbantu dengan dijadikannya Kecamatan Cidaun sebagai PWK karena berbagai pembangunan termasuk infrastruktur akan berjalan dengan cepat," ungkapnya.

Para pelaku usaha pariwisata di wilayah Cianjur, Selatan khususnya Kecamatan Cidaun, menyambut baik ditetapkannya Kecamatan Cidaun yang ditunjuk sebagai tempat program studi PWK dari pemerintah pusat, terlebih jalan tol sebagai penunjang akan dibangun dari Bandung ke Cianjur.

"Ya tentunya kami sangat mendukung dan semoga cepat direalisasikan. Apalagi akan ada  pembangunan jalan tol semoga segera terlaksana. Karena selama ini sebagian infrastruktur menuju Cianjur Selatan masih kurang. Kami sebagai pelaku usaha pariwisata akan sangat terbantu karena angka kunjungan wisatawan pastinya akan lebih meningkat," kata pemilik penginapan di pantai Cemara, Dudung Mulyana.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut