get app
inews
Aa Read Next : Baligho BHSI Diturunkan, Tim Advokasi Akan Ambil Tindakan, Bawaslu: Akan Ditelusuri

Antisipasi Paceklik, Pemdes Sukamanah Cugenang Siapkan Sribu Kilo Lebih Beras

Kamis, 15 Juni 2023 | 20:11 WIB
header img
Beras cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) disiapkan Pemdes Sukamanah Cugenang, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Guna mengantisipasi cadangan pangan berkurang saat memasuki musim kemarau. Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur akan mendistribusikan beras cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) bagi 1.173 keluarga penerima manfaat (KPM).

"Beras CPPD sudah kami terima, sudah kami terima sejak Senin (12/6/2023). Namun karena banyak aktivitas pascagempa, seperti pencairan bantuan stimulan bagi warga yang rumahnya rusak, jadi baru bisa kami bagikan pada Jumat (16/6/2023) dan Sabtu (17/6/2023) ini," ujar Kepala Desa Sukamanah, Indra Surya Pradana, kepada iNewsCianjur, Kamis (15/6/2023). 

Indra menyebutkan penyaluran beras CPPD berkaitan dengan ketahanan pangan. Apalagi saat ini menghadapi kemarau yang berpotensi kekeringan sehingga bisa memicu kurangnya pasokan atau cadangan pangan bagi masyarakat.

"Iya betul, beras CPPD berkaitan dengan kesejahteraan warga kami. Kemudian juga berkaitan dengan ketahanan pangan, terutama beras di masyarakat, yang berkaitan dengan kemarau dan sebagainya," kata Indra.

Warga Desa Sukamanah yang akan mendapatkan beras CPPD sebanyak 1.173 KPM yang akan mendapatkan beras CPPD. Penerimanya berdasarkan usulan melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di Desa Sukamanah.

"Masing-masing KPM akan mendapatkan 10 kilogram beras CPPD," sebut Indra.

Penyaluran beras CPPD merupakan  kali ketiga atau tahap tiga. Sebelumnya, tahap pertama disalurkan kepada KPM pada bulan Maret dan tahap kedua pada bulan Mei. 

"Rencananya, penyaluran beras CPPD akan dilakukan empat tahap," pungkas Indra.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut