get app
inews
Aa Read Next : DPMD Sebut 2024 Cianjur Tidak Ada Pilkades Serentak

Lestarikan Seni Budaya, Anggota Komunitas Seni Budaya Cianjur Jalin Silaturahmi

Selasa, 09 Mei 2023 | 16:58 WIB
header img
Aksi debus di kegiatan pertemuan komunitas seni budaya. Foto : Fery Indra.

CIANJUR, iNewscianjur.id - Forum Silaturahmi yang bergerak dalam dunia radio amatir, Fosil bersama beberapa komunitas antara lain Oesik dan Saung Seni, melaksanakan halal bihalal juga santunan anak yatim berlokasi di Imah Pare Kawung Luwuk Sukaresmi Cianjur.

Ketua Fosil, Abah Aang Oesik, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai ajang silaturahmi dimana memiliki visi dan misi sosial kemasyarakatan juga pelestarian budaya di tatar Sunda.

"Kita bergerak dalam sosial budaya dan peduli lingkungan antara lain santunan anak yatim, tanggap bencana, reboisasi, pelestarian budaya dan juga berbagai kegiatan sosial lainnya," kata Abah Aang Oesik, ketika ditemui disela kegiatan, Selasa (9/5/2023).

Dijelaskannya bahwa komunitasnya bersinergi untuk melestarikan seni dan budaya daerah sendiri seperti halnya ngaos, mamaos dan maenpo.

"Dikomunitas Oesik kami juga hampir sama nyaeta menutup tilu juru yaitu silat, ngaji dan manah (memanah.red)," jelasnya.

Diungkapkannya bahwa sebagai bentuk pelestarian seni budaya pihaknya sudah bekerjasama dengan salah satu yayasan dengan harapan tidak hanya sebagai pelestarian tapi juga mengangkat seni budaya Sunda.

"Kami berharap ada peran dari pemerintah daerah Cianjur tidak hanya apresiasi secara lisan tapi juga fasilitas untuk melestarikan seni budaya Sunda khususnya di Cianjur," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut beberapa atraksi dipertontonkan baik seni tari, atraksi debus dan keterampilan lainnya.

Dia bersama anggota komunitasnya berharap seni budaya yang ada di Jawa Bart akan terus berkembang dan tidak hanya diketahui tapi juga diminati oleh generasi berikutnya sebagai pelestarian seni budaya khususnya di tatar Sunda.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut