get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Dinkes Cianjur Peran Orangtua Sangat Penting Dalam Mencegah Polio

Senin, 03 April 2023 | 16:24 WIB
header img
Kepala Bidang PPP Dinkes Cianjur dr Frida (Foto : iNewsCianjur Cianjur.d/Dani Jatnika.)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Meski Kabupaten Cianjur tidak ditemukan kasus polio namun semua pihak harus ikut peduli untuk mencegah penularan polio.

Terutama orang tua yang memiliki anak balita harus aktif mengikut sertakan anaknya untuk di imunisasi pada gebyar pekan imunisasi polio yang serentak dilakukan di seluruh Puskesmas di Kabupaten Cianjur.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid-PPP) Dinkes Kabupaten Cianjur, dr. Frida Laila Yahya.

Menurut dr. Frida Cianjur penyakit polio masih rentan menimpa anak-anak di Kabupaten Cianjur terutama anak-anak di perkampungan Cianjur Selatan. Karena rata-rata sanitasinya masih kurang baik, banyak rumah yang masih tidak memiliki toilet khusus.

"Penularan polio itu cepat terutama lewat feses. Dikampung itu buang fesesnya masih sembarangan di sungai atau di kebun. Atau membuang pempers sembarangan. Nah itu bisa menjadi penyebaran polio," ungkap Frida kepada iNewsCianjur disela-sela launching pekan imunisasi polio di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Senin (3/4/2023).

Untuk itu di gebyar pekan imunisasi ini peran orang tua yang memiliki balita sangat penting untuk membawa anak di imunisasi ke Puskesmas atau meminta petugas medis datang ke rumahnya.

"Kalau misalkan ada anak ke sweeping terduga polio ini harus cepat dilaporkan dan ternyata positif menularkan kepada yang lain lebih baik cepat di obati dari pada menjadi masalah besar lebih baik satu diobati jadi tidak menyebar kemana-mana. Anggap saja tidak ada kasus jadi pencegahannya segera karena dengan imunasi dua kali ini kejadiannya tidak ada kasus sehingga Cianjur bisa bertahan nol kasus polio," pungkas Frida.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut