get app
inews
Aa Read Next : Beni Irawan Ketua DPC Apdesi Nyatakan Serius Maju Nyalon Bupati Cianjur

Jembatan Citarum Lama Jadi Tujuan Muda-mudi Untuk Ngabuburit

Sabtu, 25 Maret 2023 | 18:50 WIB
header img
(Foto : iNewsCianjur.id/ist.)

CIANJUR, InewsCianjur.id - Jembatan Citarum Lama yang menghubungkan antara wilayah Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur dengan Wilayah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB), setiap datang bulan suci Ramadhan selalu dijadikan tempat favorit untuk ngabuburit para warga kedua belah pihak.

Selain pemandangan yang indah, bisa melihat aliran sungai yang bersih berkelok-kelok dan melihat warga sedang mencari ikan menggunakan perahu dari atas jembatan. Namun yang paling ditunggu-tunggu warga adalah adanya ratusan kawanan monyet bergelantungan di atas pohon. Bahkan monyet-monyet tersebut tak jarang mendekat ke warga saat diberi makan.

Adanya kawanan monyet-monyet liar yang bergelantungan di pohon dekat jembatan tersebut menjadi tontonan tersendiri bagi warga sambil ngabuburit. Para pengunjung yang datang tidak hanya warga dari berbagai pelosok di Kabupaten Cianjur, tapi juga dari Kabupaten Bandung Barat (KBB).

 “Setiap bulan suci Ramadhan, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga baik tua maupun muda juga anak-anak dari dua kabupaten, yakni Cianjur dan Bandung Barat, untuk ngabuburit,“ kata Sam Apip Sabtu (25/3/23).

Menurut Sam Apip (60} salah satu tokoh masyarakat Haurwangi, menyebutkan keberadaan monyet-monyet liar di hutan sekitar Jembatan Citarum lama, sudah ada sejak dulu dan menjadi tontonan warga Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat. Mereka sengaja datang ingin ngabuburit sambil menunggu adzan Maghrib.

"Dulu monyet-monyet tersebut hanya bergelantung diatas.pohon tidak ada yang mendekat. Namun sejak tahun 2018 monyet-monyet tersebut mulai jinak karena banyak pengunjung mengasih makanan. Mungkin juga dihabitatnya sudah jarang ada makanan sehingga kawanan monyet mendekat ke manusia agar diberi makan," ungkap Sam Apip. 

Sam Apip menuturkan, para pengunjung ngabuburit di Jembatan Citarum tiap sorenya cukup membeludak, hingga selalu diawasi pihak keamanan dari Polsek Bojongpicung, utamanya mengenai Kamtibmas, hingga dilarang nongkrong di atas jembatan terlalu banyak.

"Nongkrong di atas jembatan dipersilahkan tapi jangan menutupi arus lalulintas, selain itu dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Sam Apip.

Editor : Ayi Sopiandi

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut