get app
inews
Aa Read Next : Geger Pemuda Nikahi Wanita Ternyata Pria di Cianjur, Ini 5 Fakta yang bikin Nyesek

Dompet Dhuafa Bangun Huntara bagi Korban Gempa Cianjur Terbuat dari Barang Bekas

Jum'at, 10 Februari 2023 | 11:54 WIB
header img
Dompet Dhuafa Bangun Huntara bagi Korban Gempa Cianjur Terbuat dari Barang Bekas. (Foto : iNewsCianjur.id)

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Pasca terjadinya gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur pada 21 November 2022 lalu dengan kekuatan 5,6 magnitudo, Disaster Manangement Center (DMC) Dompet Duafa bangun Huntara dari barang bekas.

Ketua DMC Dompet Dhuafa  Haryo Mojopahit, mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk pemulihan.

Dengan Tema Bantos Cianjur Pulih, Merias Senyum Hilangkan Pedih. DMC Dompet Dhuafa mengajak seluruh masyarakat berkolaborasi dalam program pemulihan terdampak gempa.

Ia menjelaskan, Dompet Dhuafa dibawah komando DMC melalui unit Respons Darurat Kesehatan (RDK), Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC), Dai Tanggap Darurat, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM). Respons Darurat Pendidikan (RDP), Lembaga Pengembangan Insani (LPI), mengajak untuk melakukan kolaborasi dalam kembali membangun Cianjur pulih dari keterpurukan gempa bumi.

"Kta menargetkan akan membangun 100 hunian sementara yang di berinama Huntara Bunga dengan menggunakan konsep recycle house dan sekolah tahan gempa, " ujarnya, Kamis, (9/2/2023).

"Dan pembangunannya akan dibangun di Kecamatan Cugenang di Kampung Pangkalan, Desa Benjot, dan Kampung Sarampad, Desa Sarampad, " tambahnya.

Ia menyebutkan, DMC Dompet Dhuafa mengusung Huntara Bunga atau yang disebut Bumi Endah Dompet Dhuafa dengan konsep recycle house yakni membangun huntara dengan bahan sisa-sisa puing rumah.

Menurutnya, sebelum membangun huntara, DMC Dompet Dhuafa akan membentuk kelompok masyarakat yang terdiri dari 10 Kepala Keluarga dan akan di berikan arahan tentang pembangunan huntara dengan konsep recycle mulai dari ukuran, bahan, hingga arsitektur, dan penanaman semangat pemberdayaan.

"Huntara Bunga terdiri dari dua ruang kamar tidur, satu ruang tamu dan teras rumah dengan luas 7 X 5 meter persegi," jelasnya.

Ia menjelaskan, dalam tahap pemulihan DMC Dompet Duafa telah membangun sarana hunian sementara, MCK, dan mushola semi permanen yang tersebar di wilayah Kecamatan Cugenang, Kecamatan Warung Kondang dan Kecamatan Pacet.

Selain itu lanjut dia, pihaknya telah memberikan ratusan paket bantuan kitchen kit, ribuan paket sembako dan makanan siap santap serta paket sekolah, hygiene dan baby kit.

"Ketika kelompok sudah terbentuk dan sudah mensosialisasikan recycle house masyarakat akan bergotong-royong membangun huntara untuk masing-masing anggota kelompok," imbuhnya.

Seperti diketahui gempa bumi tersebut menghancurkan 13.633 rumah rusak berat, 16.059 rumah rusak sedang dan 26 856 rumah rusak ringan. Sementara itu 114.683 jiwa mengungsi dan 602 jiwa meninggal dunia.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut