Logo Network
Network

Peduli Gempa Cianjur, Sekjen JATMAN Pusat Serukan Cianjur Bangkit

Mamat Mulyadi
.
Selasa, 13 Desember 2022 | 07:12 WIB
Peduli Gempa Cianjur, Sekjen JATMAN Pusat Serukan Cianjur Bangkit
Posko Al-Kautsar Tanggap Bencana (ATB) di Cipaku, Warungkondang, Kabupaten Cianjur. (Foto: Mamat Mulyadi/iNewsCianjur.id)

CIANJUR, iNewsCianjur - Berkurangnya jumlah bantuan ini sebetulnya cukup mengkhawatirkan, mengingat para pengungsi belum sepenuhnya kembali ke kemampuannya semula dalam menghidupi dirinya, seperti saat sebelum terjadinya gempa.

Hal tersebut diungkapkan selaku penggagas Al-Kautsar Tanggap Bencana (ATB), Kiai Fawaid Abdul Kuddus, kepada awak media, Senin (12/12/2022).

"Nah! Di lapangan, para relawan menerangkan kondisi posko saat itu, yang diantaranya, sudah mulai berkurangnya bantuan logistik di daerah-daerah tertentu," katanya.

Fawa memaparkan, yang tampak dari semakin banyaknya permintaan bantuan logistik dari wilayah-wilayah atas Kabupaten Cianjur, banyaknya posko logistik yang tutup di wilayah tersebut, dalam menghadapi krisis tersebut.

"Acara lawatan ditutup dengan pemakaian secara simbolis Jaket ATB kepada Sekjend JATMAN," ujarnya.

Lebih lanjut, Fawa menuturkan, sebagai penanda soliditas antara penyintas, relawan dan masyarakat Thariqah Cianjur, dengan JATMAN dalam upaya pengembalian kondisi Cianjur sebagaimana sebelum terjadinya gempa. 

"Lawatan juga ditutup dengan Do'a bersama, dan harapan untuk kembali bekerja bersama-sama, demi mewujudkan Cianjur bangkit, serta adaptasi bencana Indonesia," terangnya.

Posko utama Ponpes Al-Kautsar menyampaikan, kepada Sekjend JATMAN, bahwa ATB telah menyiapkan sejumlah strategi recovery untuk mewujudkan Cianjur Bangkit sesuai arahan Abah Habib Luthfi bin Yahya yang disampaikan oleh Pak Sekjend, diantaranya yaitu dengan menyiapkan cadangan logistik untuk keperluan Pasca Bencana, menyiapkan workshop HUNTARA (Hunian Sementara) untuk mengembalikan secara pelan-pelan kehidupan para pengungsi seperti semula.

"Menyiapkan strategi trauma healing dan rehabilitasi Cianjur akan dikerjasamakan dengan sekitar 1000 relawan dari jejaring thariqah, alumni timteng dan jejaring pesantren," tutur Fawa.

Forum dimulai dengan do'a dan shalwatan, Fawa menyampaikan, yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta perkenalan dan sosialisasi Lajnah WATONAH JATMAN ini, berlangsung khidmat dan hangat.

"Ditutup dengan penjelasan dan simulasi gempa bumi Cianjur, serta pemberian bantuan secara simbolis," tutupnya.
 
Sementara, lawatan dilanjutkan dengan ziarah ke Makam para Kiai Sepuh Ponpes Al-Musri, dan diteruskan dengan kunjungan ke Lapangan serta peninjauan salah satu Posko Utama Cianjur, yang terletak di Pondok Pesantren Al-Kautsar, Cipaku, Kabupaten Cianjur.

Terpisah, menanggapi strategi tersebut, Sekretaris Jenderal Idaroh Aaliyah Jam'iyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN), Dr. K.H. Mashudi merespon dengan memberikan dukungan dan menjanjikan semua bantuan yang dapat diberikan untuk 'Cianjur Bangkit', diantaranya berupa seruan donasi.

"Ya! Tentu do'a dan tenaga untuk bangkitnya Kabupaten Cianjur pasca gempa," katanya.

Sekjend juga menginstruksikan kepada Koperasi JATMAN Subang Sejahtera (KJSS) dan Al-Kautsar Tanggap Bencana, serta menyerukan kepada segenap warga Thariqah Al-Nahdliyah, untuk mengumpul data kebutuhan qnggaran untuk Cianjur bangkit. Dan, berusaha sebaik mungkin memenuhi kebutuhan tersebut dengan dukungan berupa bantuan dana, tenaga, dan do'a bagi segenap masyarakat Cianjur khususnya.

"Selain itu Indonesia umumnya memang senantiasa rentan menghadapi resiko bencana," ujarnya.
 
Sekjend juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengupayakan hadir pada Kemah Siaga Adaptasi Bencana Indonesia (IDA Camp) bersamaan dengan Disability FUN Fair (DFF), tanggal 17 hingga 18 Desember 2022 nanti di Garut, yang di dalamnya terdapat pelatihan para calon relawan, untuk menjadi penggerak utama Cianjur Bangkit, serta menyiapkan Adaptasi Bencana Indonesia.

Lawatan ini dimulai dengan penyambutan dan jamuan terhadap rombongan Sekjend JATMAN, disampaikan oleh jajaran pimpinan Pondok Pesantren (Pontren) Al-Musri Cianjur, di mana sebagian besar Dewan Pimpinan Idaroh Syu'biyah JATMAN Cianjur berasal. Setelah berbincang-bincang ringan dan santap sarapan, acara lawatan dilanjutkan dengan Forum Resmi Kunjungan Sigap Bencana Idaroh Syu'biyah Cianjur, dihadiri juga oleh seluruh Ketua Idaroh Gusniyah dari masing-masing kecamatan.

Diketahui, rombongan yang terdiri dari Sekjend Pusat JATMAN, didampingi oleh tim Sekretariat Pusat JATMAN, Ust. Harun Al-Rasyid, bersama dengan rombongan Wanita Thariqah An-Nahdliyah (WATONAH) yang dipimpin oleh Nyai Sehah, rombongan Koperasi JATMAN Subang Sejahtera (KJSS) dan Nuswantara Muda yang diwakili oleh Rakeyan Nuswajati Bezie Galih Manggala, serta dikawal oleh Garda Petanesia Jawa Barat dan Barisan Ansor Serba Guna (BANSER), memulai lawatan ke Cianjur dengan melaksanakan kunjungan ke Idaroh Syu'biyah JATMAN Kabupaten Cianjur.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini