Logo Network
Network

AQUA Mekarsari Berikan Edukasi Pertanian Ramah Lingkungan Untuk Siswa Sejak Dini

Mulyana
.
Jum'at, 23 September 2022 | 19:25 WIB
AQUA Mekarsari Berikan Edukasi Pertanian Ramah Lingkungan Untuk Siswa Sejak Dini
AQUA Mekarsari Berikan Edukasi Pertanian Ramah Lingkungan Untuk Siswa Sejak Dini ( Poto: Mulyana /iNewsCianjur.id )

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Perusahaan AQUA Mekarsari mengembangkan sistem pertanian terpadu yang ramah lingkungan sejak tahun 2018 lalu. Sejak saat itu bersama mitranya, berupaya mengubah kebiasaan para petani agar dapat mulai menggunakan pupuk organik.

Proses perubahan tentu saja butuh waktu dan kerja keras semua pihak. Hingga kini ditahun 2022 konversi lahan padi konvensional menjadi lahan padi sehat sudah terealisasi di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, sudah mencapai 18.643 m2.

“Untuk mendukung pengembangan pertanian sehat tersebut pihak AQUA Mekarsari juga mengembangkan pembuatan pupuk organik cair, pemanfaatan kotoran kambing sebagai bahan pembuatan kompos, dan pemanfaatan gulma serta rumput-rumpatan untuk menyuburkan tanah dan itu ternyata berhasil meningkatkan kesuburan tanah," ungkap Koordinator CSR Pabrik AQUA Mekarsari Beni Satyahadi.

Adalah Siti Hanifa (10 tahun) bersama 39 teman sekelasnya di kelas IV SD Negeri 2 Cisaat, Sukabumi di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, disana mereka yang didampingi para guru dan kepala sekolah belajar tentang pertanian ramah lingkungan. 

Belajar langsung di alam terbuka ternyata memang menyenangkan untuk Siti Hanifa dan kawan-kawan. Mereka dapat belajar menanam pohon di polybag, melihat proses budi daya jamur tiram, proses pengembangbiakkan lele dengan sistem bioflok, belajar membuat pupuk organik cair, menanam padi, pengolahan kotoran kambing menjadi kompos, dan tentu saja bertanya jawab dengan para pendamping lapangan di Kampung Papisangan.

Kegiatan tersebut bagi para siswa SD Negeri 2 Cisaat Sukabumi berlangsung pada pertengahan September 2022 di lahan pertanian sehat seluas 18.643 meter persegi yang dikembangan Pabrik AQUA Mekarsari menjadi kawasan pengembangan agribisnis dan agroeduwisata di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, bekerjasama dengan mitra pelaksana Negeri Ternak Indonesia.

Kini Kampung Papisangan pun menjadi pusat informasi pengembangan pertanian sehat dan menjadi tempat pengembangan agribisnis dan agroeduwisata,” tutup Beni.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News

Bagikan Artikel Ini