Memukau di Kejurda Drifting Meikarta Autofest 2022, Umbu Gilbert Tempati 3 Kategori Podium

M. Rizki Fauzi Sidik
.
Sabtu, 27 Agustus 2022 | 08:27 WIB
Umbu Gilbert Kabunang, saat jejaki Podium 1 kelas Pro 2 dalam Kejurda Drifting Meikarta Autofest 2022 (Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsCianjur.id - Kejurda Drifting yang diikuti oleh 25 pembalap dalam ajang akbar Meikarta Autofest ternyata menjadi panggung bagi Umbu Gilbert Kabunang. Remaja berusia 15 tahun itu tampil memukau bahkan menjejakan kakinya pada 3 podium pada event yang dilaksanakan  Jumat (12/8/2022) hingga Minggu (21/8/2022) lalu. Podium yang ditempati oleh putera pengacara Rudy Kabunang itu masing – masing The Best Qualifying Time Trial kelas Pro 2, Podium 1 untuk kelas Pro 2 dan Podium 2 untuk kelas Umum.

Puncak penampilan Umbu Gilbert yang bangga akan darah Sumba Timur yang mengalir ditubuHnya itu terjadi pada 20-21 Agustus kemarin. Betapa tidak, di hari  mempertandingkan kelas Pro, Pro 2 / Rookie dan kelas Umum itu, Umbu Gilbert yang baru berlatih dan ikut kompetisi selama 7 bulan saja bisa bersaing dengan Amandio, Drifter Terbaik Indonesia dan salah satu yang terbaik di dunia itu.

Umbu Gilbert Kabunang bersaing ketat dengan Amandio, Drifter terbaik nasional dalam Kejurda Drifting Meikarta Autofest 2022 (Foto :Istimewa)

 

Disebutkan Rudy Kabunang, ayah Umbu Gilbert dalam percakapan via ponselnya, Selasa (23/8/2022) pagi lalu, capaian Umbu Gilbert diluar ekspetasi. Pasalnya lawan – lawannya sebelum sampai final adalah Drifter yang telah punya jam terbang tingi. Dalam perebutan gelar juara atau final session, kata Rudy, dalam lintasan terlihat sekali bagaimana jarak antara kedua mobil Umbu dan Amandio bersaing sengit untuk mendapatkan nilai yang terbaik di hadapan juri.

"Tidak apa – apa walau tidak tempati podium satu, tapi paling tidak dia telah berikan yang terbaik dan bersaing ketat dengan Drift King Amandio. Latihan kerasnya selama ini dalam bimbingan bro Akbar Rais dan bung Danni Ferdito serta saudara Jajang selaku mekanik berbuah hasil yang membanggakan. Terima kasih untuk Jajang Motosport,” ungkap Rudy.

Dalam kesempatan itu Rudy juga mempersilakan iNewsSumba.id untuk melakukan wawancara dengan Umbu Gilbert. “Dia masih ke sekolah jam begini, nanti setelah dia sudah pulang dan istirahat saya beri khabar biar bisa wawancara lebih jauh dengannya,” tukas Rudy.

Dalam acara yang dibuka oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan juga Ketua MPR Bambang Soesatyo itu sebut Rudy, Umbu Gilbert senantiasa mengakui dirinya adalah pemuda Sumba Timur.

“Dia bangga miliki darah Sumba dan punya kampung leluhur  di Kambauni – Tanarara, Matawai Lapawu. Dia menjadi satu – satunya drifter asal NTT dan Sumba yang beersaing di event nasional,” tandas Rudy.

Bulan september mendatang, kata Rudy Kabunang, umbu Gilbert akan ke Malaysia. Di negeri jiran itu, Umbu Gilbert akan hadir sebagai peninjau.

“Awal September nanti Umbu Gilbert akan ke Malaysia untuk hadir sebagai peninjau di kompetisi drifting di sana. Selanjutnya akan mempersiapkan diri untuk ikut kompetisi internasional pada bulan November mendatang,” pungkas Rudy.

Editor : Nursidik
Bagikan Artikel Ini