get app
inews
Aa Read Next : Dua Orang Atlet Tarung Derajat Asal Tanggeung Cianjur Raih Juara Tingkat Forkab

Warga Cianjur Jadi Pelatih Tarung Derajat di DKI Jakarta, Ini Cerita Awalnya

Kamis, 16 Juni 2022 | 02:38 WIB
header img
Ade saat melatih Tarung Derajat. (Foto: Istimewa)

CIANJUR, iNews.id- Awalnya dari hobi pada olah raga bela diri, Ade (31) warga Kampung Kalapa Dua, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kini menjadi asisten pelatih Tarung Derajat di DKI Jakarta.

Ade yang saat itu mencoba bekerja di Jakarta dan beberap kali mengikuti kejuaraan Tarung Derajat, akhirnya dapat mencetak para pelajar menguasai bela diri khas Sunda tersebut.

"Awal mulanya hobi sejak masa SMA pada akhir tahun 2006," katanya.

Sehingga, ia mengungkapkan, dirinya bergabung ikut di cabang olahraga beladiri Tarung Derajat, dan sempat pakum beberapa tahun karena bekerja ke Jakarta, singkat cerita kembali aktif berlatih di Jakarta tahun 2014. 

"Nah! Seiring berjalan waktu saya pernah mengikuti beberapa kejuaraan di Jakarta," ujar Ade.

Lebih lanjut ia bilang, kemudian tahun 2018 mendapatkan tawaran untuk bergabung latihan atlet ajang kejuaraan pra PON 2019 di Bandung.

"Bila menjadi juara di pra PON itu saya akan mendapatkan tiket kejuaraan PON di Papua," ucap Ade.

Hal sama masih sambungnya, bahwa pada kejuaraan pra PON, ia tidak berhasil mendapatkan tiket untuk kejuaraan di Papua. Namun berkat kegigihannya ia pun kini dipercayakan menjadi pelatih Tarung Derajat tingkat pelajar di DKI Jakarta.

"Saya memang tidak lolos di pra PON, tapi terus berlatih seperti biasa dan kembali ke satlat masing-masing," timpal Ade.

Ia menambahkan, bahwa tahun 2020 awal ia dipercaya untuk menjadi pelatih Tarung Derajat tingkat pelajar di DKI Jakarta, berpusat di Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) yang akan menjadi penambahan kuota salah satu cabang olahraga di DKI Jakarta.

"Saya melatih di PPOP dari awal tahun 2020 hingga saat ini dan posisi sebagai asisten pelatih cabang olahraga Tarung Derajat. Pelatih utamanyapun masih teman sendiri," tandas Ade.

Editor : Nursidik

Follow Berita iNews Cianjur di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut