Gandeng Pokdarwis, RSI Perluas Kolaborasi UMKM dan Desa Wisata

Mamat Mulyadi
DPD RSI Cianjur berkolaborasi menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Padang, Desa Kertamukti, Campaka. (Foto: Mamat Mulyadi/iNews Cianjur)

CIANJUR, iNews.id- DPD Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berkolaborasi menggandeng Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Padang, Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Seperti halnya, bukti tersebut ditunjukan menggelar acara melalui sillaturahim sekaligus 'Sharing Session Strategy Marketing Online' untuk pelaku UMKM , ekonomi kreatif dan potensi wisata daerah, Minggu (12/6/2022).

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Saluhudin Uno mengatakan, selamat dan sukses untuk kolaborasi DPD RSI Cianjur dan Pokdarwis di desa wisata Gunung Padang, dalam mengembangkan potensi dikemas dalam edukasi, UMKM, ekonomi kreatif dan potensi desa wisata di daerah.

" Ini merupakan program kongkrit dan harus dikembangkan," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD RSI Cianjur Dwi Prasetya mengatakan, ini merupakan program komitmen RSI dalam membantu mempromosikan desa wisata daerah, piahknya akan terus berkolaborasi dengan pihak pengelola wisata di Cianjur, meskipun hanya bentuk promosi dikemas dalam edukasi. Tapi kalau benar serius ingin mengembangkan, selain fasilitas harus memperhatikan juga promosi lewat media sosial.

"Apalagi sekarang desa wisata Gunung Padang masuk 50 besar. ADWI tahun 2022 bisa memanfaatkan potensi yang ada itu," katanya.

Hal lain sala dikatakan salah sagtu pengurus Pokdarwis Desa Wisata Gunung Padang, Widodo, adanya kolaborasi dengan DPD RSI Cianjur berharap desa wisata bisa lebih berkembang, dan tidak lupa mengucapkan terima kasih yang telah dapat mengadakan acara kegiatan sillaturahim di sini.

"Makasih atas bantuan baik itu tenaga dan pikirannya," katanya.

Apalagi, masih ujar Widodo, dengan adanya video apresiasi dari pak Menparekraf Sandiaga Saluhudin Uno, semoga beliau secepatnya bisa meninjau langsung ke desa wisata gunung padang.

" Saya juga berharap pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan dalam pengelolaan cagar budaya megalitikum ini," harapnya.

Terpisah, salah satu pemateri strategy online, Ifan Nasution mengatakan, memanfaatkan media sosial maupun flatform digital, dan kegiatan Ini merupakan program kolaborasi dalam membantu para pelaku UMKM, ekonomi kreatif dan desa wisata di daerah di sini membagi ilmu dan pengalaman dalam pemasaran online, usaha pasti ada perjuangan dan pengorbanan, tenaga waktu dan materi.

"Tapi kita harus memperhatikan strategi pengembangan itu," tandasnya.

Editor : Nursidik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network