Kunjungan ke Pasar Rakyat di Cianjur Meningkat dengan Lomba Kebersihan

Elan Hermawan
Pasar Rakyat Cipanas.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Peningkatan kunjungan ke pasar rakyat di Kabupaten Cianjur terus diupayakan. Salah satu caranya dengan mendorong terciptanya pasar yang higienis. 

Hal ini dilakukan melalui penyelenggaraan lomba Kebersihan Pasar yang bertepatan dengan Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-347.

Menurut Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin) Kabupaten Cianjur, Wahyu Ginanjar, lomba ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung pasar dan menciptakan lingkungan pasar yang bersih, indah, nyaman, dan rapi. 

Diharapkan, kesadaran untuk menjaga kebersihan pasar tidak hanya muncul saat lomba berlangsung, tetapi juga berkelanjutan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemicu bagi para pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan pasar," ujar Wahyu.

Seluruh pasar rakyat yang dikelola Pemkab Cianjur menjadi peserta lomba ini. Diskuperdagin telah membentuk tim penilai dan panitia lomba.

"Penilaian sepenuhnya diserahkan kepada tim dan panitia. Keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat," kata Wahyu.

Tim penilai bersifat independen sehingga penilaiannya objektif. Penilaian dilakukan pada tanggal 1 hingga 11 Juli 2024.

"Peserta dapat berkreasi dalam hal kebersihan lingkungan pasar dengan kriteria penilaian yang meliputi kebersihan area pasar, kondisi saluran drainase, ketersediaan ruang terbuka hijau, kondisi tempat pembuangan sampah sementara, dan kondisi toilet," jelas Wahyu.

Kriteria Penilaian Lomba Kebersihan Pasar Rakyat yakni kebersihan area pasar, kondisi saluran drainase, ketersediaan ruang terbuka hijau, kondisi tempat pembuangan sampah sementara, dan kondisi toilet.

Dengan adanya lomba ini, diharapkan pasar rakyat di Kabupaten Cianjur menjadi lebih bersih, nyaman, dan menarik bagi para pengunjung. Hal ini akan meningkatkan perekonomian para pedagang dan masyarakat sekitar.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network