Kredensial BPJS Kesehatan RSUD Pagelaran Belum Turun, Pasien Harus Berobat ke RSUD Sayang

Dani Jatnika
Suasana RSUD Pagelaran pada Kamis, 18 Juli 2024. Gara-gara kredensial BPJS Kesehatan belum turun, pasien di Cianjur Selatan harus berobat ke RSUD Sayang Cianjur yang jaraknya jauh.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pagelaran, Kabupaten Cianjur belum bisa melayani pasien Poli Rehabilitasi Medik dengan BPJS. 

Pasalnya pengajuan Kredensial BPJS Kesehatan belum keluar hingga saat ini. 

Kredensial BPJS sendiri merupakan proses evaluasi fasilitas kesehatan dan penyedia layanan kesehatan guna menentukan kelaikan mereka untuk bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

"Nah, pengajuan Kredensial ke BPJS Kesehatan hingga saat ini belum juga turun. Padahal sudah mengajukan kurang lebih tiga bulan yang lalu. Biasanya dalam jangka satu bulan sudah turun, mungkin masih dalam proses," ujar Direktur RSUD Pagelaran, Jan Izaac Ferdinandus saat ditemui pada Kamis, 18 Juli 2024.

Sehingga, RSUD Pagelaran akhirnya hanya bisa melayani pasien umum dan membuat pasien BPJS di Cianjur Selatan harus berobat ke RSUD Sayang Cianjur.

"Kasihan itu pasien warga Cianjur Selatan karena yang berobat ke RSUD Pagelaran kebanyakan pengguna BPJS. Jadi untuk sementara mereka harus berobat ke rumah sakit lain seperti ke RSUD Sayang Cianjur dan itu sangat jauh. Pasien di sini kebanyakan warga tidak mampu," ungkap Jan Izaac.

Jan Isaac menambahkan kini pihaknya sedang berbenah menuju yang lebih baik dengan mengadakan fasilitas Poli Rehabilitasi Medik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena selama ini pasien Poli Rehabilitasi Medik dari Cianjur Selatan berobatnya harus ke rumah sakit di Cianjur.

"Saat ini RSUD Pagelaran sudah memiliki 18 dokter spesialis. Namun itu tadi, untuk pelayanan Poli Rehabilitasi Medik dengan BPJS  belum terlayani. Untuk itu kita harap Kredensial BPJS Kesehatan segera turun," pungkasnya.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network