Perumdam Tirta Mukti Cianjur Siaga Hadapi Krisis Air Bersih saat Kemarau

Dani Jatnika
Dirut Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan (topi merah) dan Bupati Cianjur, Herman Suherman meninjau lokasi mata air di Desa Cirumput.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sumber mata air milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang belum alami penurunan debit air. 

Direktur Utama Perumdam Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan menyebutkan, sumber mata air Cirumput hingga saat ini masih dalam batas normal.

Meski demikian pihaknya selalu siap siaga termasuk saat menghadapi musim kemarau.
 
"Dalam menghadapi musim kemarau, seperti tahun sebelumnya, sudah menyiagakan empat unit mobil tangki air untuk menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang mengalami kekeringan," ujar Budi pada Rabu, 17 Juli 2024.

Menurut Budi, hingga saat ini belum ada permintaan air bersih dari masyarakat, baik pelanggan maupun non-pelanggan. Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan air cukup mengajukan surat permohonan ke Perumdam Tirta Mukti. 

"Untuk surat permohonannya bisa dari RT dan RW yang dilengkapi data. Jangan sampai tumpang tindih bantuan. Kami berharap, mudah-mudahan kemarau tahun ini tidak terlalu panjang," tutur Budi.

Sementara itu, untuk wilayah Cianjur Selatan yang mengandalkan sumber air permukaan atau aliran sungai, dinilai belum mengalami krisis air bersih.

"Di wilayah Cianjur Selatan yang sumbernya memanfaatkan aliran sungai yang kemudian diolah menjadi air bersih, masih normal dan tidak ada penurunan debit air," kata dia.

Budi menambahkan, wilayah Cianjur Selatan memang cukup rawan krisis air bersih saat musim kemarau. Pasalnya, kebanyakan warganya masih mengandalkan air permukaan atau air sungai.

"Jadi kalau terjadi kekeringan banyak warga yang terdampak. Permintaan air bersih membeludak. Seperti tahun lalu, kami harus mendistribusikan air bersih hingga ke Kecamatan Sindangbarang," pungkas Budi.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network