PDAM Tirta Mukti Kejar Target Program 5.000 Sambungan Air Bersih Gratis

Dani Jatnika
Direktur PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan.

CIANJUR, iNewsCianjur.id - PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur terus menggenjot program 5.000 sambungan rumah air bersih gratis kepada masyarakat Kabupaten Cianjur.

Program tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah pusat dan PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur dengan penerima program menyasar pada masyarakat menengah ke bawah yang telah melalui proses seleksi ketat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Direktur PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan menjelaskan, bantuan ini ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki akses jaringan pipa air bersih dari PDAM Tirta Mukti. Anggarannya dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta program MBR.

"Hingga saat ini sambungan pipa gratis yang masuk program Sambungan Mandiri sudah terpasang di 500 rumah tersebar di beberapa kecamatan. Selain itu kami juga sudah melakukan pemasangan sebanyak 600 untuk keluarga penderita stunting. DI 2023, kita juga memasang sebanyak 2.400 sambungan gratis. Anggarannya dari DAK maupun pemerintah daerah serta program MBR,"  jelas Budi.

DI 2024, terdapat 3 ribu sambungan air bersih dan digenjot terus sehingga target program 5.000 sambungan air bersih bagi masyarakat tidak mampu bisa tercapai.

Budi berharap dengan penambahan pemasangan pipa gratis ini, dapat memberikan pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih.

"Keterbatasan anggaran masih menjadi kendala dalam memenuhi kebutuhan sambungan air bagi masyarakat. Namun kami berkomitmen untuk terus melakukan pemenuhan penyambungan pipa PDAM secara bertahap hingga program kami 5.000 sambungan dapat terlaksana," pungkas Budi.

Editor : Azhari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network