Peci Rajut Buatan Gekbrong Banyak Diminati

Dani Jatnika
Perjanjian peci rajut, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Menjelang hari raya  Lebaran  Idul Adha 2024, permintaan  peci rajut khas buatan warga Kampung Kujang, Desa Sukaratu, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur meningkat drastis dibanding hari-hari biasa.

Bahkan permintaan peci rajut datang dari berbagai daerah di luar Cianjur hingga ke luar negeri seperti ke Bandung Bogor, Jakarta, Surabaya, hingga Negeri Jiran Malaysia dan Brunei Darussalam.

Menurut salah seorang pengrajin peci rajut, Dendi Junaedi, awalnya ia bekerja di sebuah toko konpeksi switer di Bandung selama dua tahun. Namun dirinya keluar dan bekerja bersama pamannya membuat peci rajut.

Tidai terasa usaha membuat peci rajut yang dijalaninya itu  sudah berlangsung selama 20 tahun. Menurutnya, sebagian bahan pembuatan peci terbuat dari bahan limbah garmen yang dikirim dari Bogor, Tangerang hingga Pekalongan.

"Usaha ini sudah dirintis 20 tahun, yang fokus membuat peci saya yang paling lama di sini, kalau untuk usaha bikin peci rajut saya yang paling lama," tuturnya.

Dendi mengaku, penjualan peci rajut saat ini mengalami peningkatan hingga 40 persen di banding hari-hari biasa. Menurut dia hal tersebut akan terus mengalami peningkatan sepekan menjelang lebaran haji atau Idul Adha.

"Tergantung pesanan ya kalau pesan 50 ya 50, pesen 100 ya 100 kalau kita misalkan gak ada yang ready, ya kita ambil waktu aja PO aja berapa hari gitu sanggupnya kita sampai 100 kodi atau berapa tergantung pesanan saja," ungkapnya.

Peci rajut tersebut di jual oleh Dendi dengan harga bervariatif mulai dari RP 10 ribu hingga Rp 20 ribu untuk eceran. Sementara untuk kodian, ia jual dengan harga RP 65 ribu hingga Rp 140 ribu.

"Jadi untuk harga sesuai kualitas bahan pecinya lebih bagus lebih tebal. Saya harap penjualannya terus meningkat hingga lebaran haji nanti," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network