Dari 52 Orang Calon Paskibra Cianjur, Dua Diantaranya Lolos ke Tingkat Jabar

Ayi Sopiandi
Peserta seleksi calon Paskibra Kabupaten Cianjur, tahun 2024, Foto : iNewsCianjur.id

CIANJUR, iNewsCianjur.id - Sebanyak 52 orang putra dan putri asal Cianjur, berhasil mengikuti tes seleksi untuk pengibar bendara pusaka (Paskibra).

Seleksi dilakukan Pemkab Cianjur melalui, Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cianjur Prihadi Wahyu Santosa, mengatakan ada 52 orang calon Paskibraka terdiri dari 50 orang di tingkat kabupaten dan dua orang yang menjadi wakil di tingkat provinsi.

Prihadi mengatakan, seleksi Paskibraka dilaksanakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 51/2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dan Peraturan BPIP Nomor 3/2022. Prihadi menuturkan, pembukaan seleksi pendaftaran dilaksanakan secara online pada 12-29 Februari 2024 melalui website Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yakni https://paskibraka.bpip.go.id/.

"Jumlah pendaftar selama 1 Maret-14 April 2024 tercatat sebanyak 612 orang siswa SMA dan SMK sederajat dari seluruh sekolah di Kabupaten Cianjur. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi sebanyak 288 orang," kata Prihadi, Senin (6/5/2024) kemarin.

Para pendaftar yang lolos verifikasi administrasi selanjutnya menjalani tahapan seleksi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan melalui web BPIP :
https://perisaipaskibraka.bpip.go.id/. Seleksinya dilaksanakan pada 19 April 2024.

"Dari 288 orang siswa yang mengikuti seleksi, yang dinyatakan lolos sebanyak 150 orang terdiri dari 78 siswa putra dan 72 siswa putri," tuturnya.

Tahapan selanjutnya dilaksanakan tes kesehatan pada 20 April yang dilanjutkan dengan seleksi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan seleksi Kesamaptaan pada 21 April. Kemudian pada 22 April para peserta menjalani seleksi kepribadian sekaligus penutupan. 

"Hasil seleksi akhir, terpilih dua orang calon Paskibraka tingkat Jawa Barat yaitu Fahryza Agung Nurmuhamad dan Kheisya Revana Prastisha Ariyanto. Keduanya merupakan siswa SMAN 1 Cianjur," tuturnya.

Kedua orang perwakilan siswa calon Paskibraka dari Kabupaten Cianjur itu akan mengikuti pendidikan dan pelatihan di tingkat Jawa Barat. Selanjutnya mereka akan bertugas menjadi Paskibraka tingkat Jawa Barat.

"Sementara calon Paskibraka tingkat Kabupaten Cianjur ditetapkan sebanyak 50 orang berdasarkan data perolehan hasil nilai akhir seleksi dari sistem web admin Kabupaten Panitia Seleksi Paskibraka 2024 https://paskibraka.bpip.go.id/. Mereka terdiri dari 27 orang siswa putra dan 23 orang siswa putri," pungkasnya.

Editor : Ayi Sopiandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network